Selasa, 11 Nov 2008 15:25 WIB

Berkah Hujan Jasa Cucian Mobil

Sehari Bisa Nyuci 125 Mobil

- detikOto
Jakarta - Musim penghujan seolah menjadi berkah bagi para pengusaha cuci mobil (car wash). Sebab, di musim hujan ini setiap pemiliki kendaraan pasti ingin melihat mobil kesayangannya tetap bersih selalu.

Hal tersebut terlihat pada tempat cuci mobil Lily Automatic Car wash yang beralamat di Jl. Gatot Subroto kav.127, Jakarta. Di tempat pencucian mobil otomatis ini setiap menit selalu saja ada mobil yang masuk. “Dalam sehari kita biasa melayani sekitar 125 mobil,” kata kata Fifi Yakob selaku penanggung jawab operasional dari Lily Automatic Car wash ketika ditemui detikoto, Selasa (11/11/2008).

Car wash yang menganut sistem one stop service ini hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk membersihkan satu buah kendaraan. Hal tersebut dapat dilakukan karena Lily Automatic Car wash didukung oleh peralatan modern seperti pencuci mobil otomatis dan sdm yang cukup banyak, yakni mencapai 40 orang.

“Bahkan bila hari libur seperti hari sabtu dan minggu, kami dapat melayani hingga 150 mobil dalam sehari,” kata Fifi. Hal senada juga diungkapkan oleh Arijanto, pemilik dari Champion Wheel, sebuah tempat pencucian mobil yang terletak di Jl. Arteri Kedoya No. 8, Jakarta. “Pada musim hujan ini, kami tentu saja mengalami peningkatan omset sekitar 20 persen,” kata Arijanto.

Sementara untuk system pengerjaan, kedua car wash di atas ternyata memiliki cara yang berbeda. Karena Lily Automatic Car wash menggunakan system otomatis, dimana mobil pelanggan dimasukan ke ‘mesin pencuci’ yang dapat membersihkan mobil hingga bersih.

Namun, di Champion Wheel, system yang digunakan ternyata berbeda. Karena di car wash ini mobil pelanggan dikerjakan secara manual menggunakan system hidrolik. Maksudnya, mobil pelanggan diangkat ke atas oleh sebuah mesin hidrolik sehingga kebersihan setiap detail mobil dapat diperoleh dengan baik.

Untuk masalah harga, kedua system ini ternyata tidaklah terlalu berbeda. Sebab, untuk jasa pencucian saja, Lily Automatic Car wash mematok tarif hanya Rp 20 ribu. Sedangkan Champion Wheel mengerjakan setiap mobil dengan tarif Rp 30 ribu untuk cuci bodi, kolong, mesin, semir ban, hingga vacuum.

(syu/tbs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed