Senin, 18 Mei 2020 15:59 WIB

Denny Cagur Isi Rolls-Royce Pakai Bensin Eceran, Jeroan Mesin Bisa Ambrol

Luthfi Anshori - detikOto
Rolls-Royce diisi bensin pinggir jalan alias eceran Rolls-Royce diisi bensin eceran.(Foto: Instagram @dennycagur)
Jakarta -

Mobil mewah Rolls-Royce Ghost Series I milik Raffi Ahmad kini sedang dipinjam rekannya Denny Cagur. Denny yang memang dikenal jahil sering berbuat hal iseng terhadap mobil mewah milik Raffi. Setelah dijadikan tempat menjemur kasur, Denny mengisi Rolls-Royce tersebut dengan bensin eceran, diduga jenis premium (RON 88).

Lalu gimana efeknya jika mobil mewah seperti Rolls-Royce diisi bensin murah?

Dijelaskan Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim, selaku Importir Umum Rolls-Royce di Indonesia, tidak disarankan bagi pengendara Rolls-Royce mengisi tangki dengan kualitas bahan bakar rendah. Untuk diketahui Rolls-Royce Ghost Series I punya rasio kompresi mesin cukup tinggi, 10.0:1, sehingga butuh bahan bakar yang berkualitas tinggi pula.

"Untuk supercar, oktan aman 98 (setara Pertamax Turbo) atau minimal 95 (setara Pertamax Plus)," kata Rudy, melalui pesan singkat kepada detikOto, Senin (18/5/2020).

Menurut Rudy, jika mobil mewah dengan kompresi mesin tinggi diberi bahan bakar berkualitas rendah, dikhawatirkan akan merusak komponen mesin dari dalam.

"Kalau pakai (bahan bakar oktan) 88 itu kemungkinan ada timbal (kotoran), kemungkinan bisa menghancurkan catalityc converter, injector, dan busi di ruang bakar," terang Rudy.

Hal senada dikatakan Senior Public Relations manager RRMC (Rolls-Royce Motors Jakarta) Chendy Sumera. Menurut Chendy, bahan bakar berkualitas rendah akan memengaruhi performa mobil yang punya spesifikasi tinggi seperti Rolls-Royce.

"Mesin Rolls-Royce dibuat dengan standard requirements min RON 98. Ini berlaku untuk semua supercar high-performance. Di mana jika terjadi kasus, customer mengisi bahan bakar di bawah standar tersebut, maka akan berdampak pula ke mesin. Secara teknis, akselerasi tidak sempurna dan juga kemampuan mesin tersebut akan ikut berkurang," kata Chendy, kepada detikOto.

"Kami sebagai pihak APM tidak men-suggest mengisi bensin premium (RON 88) di RR, karena cara tersebut bisa merusak mesin," imbau Chendy.

Tak hanya berpengaruh pada kinerja mesin, kerusakan yang ditimbulkan akibat tidak menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi juga berpotensi menggugurkan garansi resmi Rolls-Royce.

"Kesalahan yang diakibatkan dengan tidak sesuainya pengaplikasian daripada requirement engine yang sudah tertera di mesin RR, maka RR tidak bisa meng-cover kerusakan tersebut," tukas Chendy.



Simak Video "Perdana Kendarai Motor, Nagita Rayu Raffi Ahmad untuk Beli"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com