Jumat, 19 Nov 2010 12:59 WIB

Honda Bangun Mobil Berbahan Bakar Udara

- detikOto
Los Angeles - Udara kini menjadi salah satu alternatif tenaga yang menjanjikan. Selain karena persediaannya tidak terbatas, sumber daya ini pun tergolong sebagai bahan yang ramah lingkungan.

Itulah inovasi terbaru yang diperlihatkan Honda dalam mobil konsep Honda Air Concept.

Mobil yang dipertandingkan dalam LA Design Auto Challenge ini pabrikan asal Jepang tersebut menyodorkan sebuah solusi transportasi alternatif memperhatikan urusan lifestyle kendaraan. Untuk membuatnya, Honda mengambil inspirasi dari roller coaster.

Honda Air Concept dapat bergerak dengan menggunakan tekanan angin. Jangkauan kendaraan pun dapat memperluas dengan menggunakan Vacuums turbo dan aliran udara-eksternal untuk meningkatkan tekanan di tangki sehingga memungkinkan pengemudi untuk berjalan-jalan hingga 160 km hanya dengan sekali isi ulang.

Keramahan Honda Air Concept pun tidak sampai disitu saja, tubuh mobil ini pun tidak kalah ramahnya pada lingkungan karena menggunakan panel polimer yang dibuat dari sayuran.

Hal yang sama juga dilakukan Honda di bagian sasis yang juga merupakan tangki udara serta semua komponen seperti kursi. Ini juga dimaksudkan agar Honda Air Concept dapat memiliki berat serendah mungkin.

'Diet' juga dilakukan Honda di berbagai bagian lain. Sehingga tidak heran bila bobbot Honda Air Concept pada akhirnya hanya dibawah 363 kg saja.

"Dengan bobot hanya di bawah 363 kg, kekuatan penggerak pneumatik dan karakternya tidak sama dengan kendaraan zero-emission lain dan membuat mobil konsep Honda ini jadi lebih menyenangkan untuk dikemudikan," klaim Honda dalam pernyataannya yang dirilis Autoevolution, Jumat (19/11/2010).


(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com