Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 12 Juni 2017, 08:00 WIB

Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih pada Kecepatan Tinggi

Andriyanto - detikOto
Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih pada Kecepatan Tinggi Honda Supra X 125 (Foto: dok. Honda)
Jakarta - Hallo detikOto, saya Kumbang dari Makassar. Ada keluar asap putih dari knalpot motor Supra X saya padahal motornya sudah diover size ganti piston yang baru dan juga ganti rumah kopling.

Kampas kopling dan juga kampas ganda tapi tetap saja berasap. Kalau dipanaskan tidak keluar asapnya hanya pada saat menggeber di kecepatan 80 km ke atas mulai mengeluarkan asap putih, terlebih lagi pada saat membonceng.
Mohon solusinya

Terima kasih

Kumbang
Makassar


Jawaban

Hallo Bro Kumbang, salam detikOto. Berikut ini saya bantu sharing analisa penyebab knalpot mengeluarkan asap putih setelah bongkar mesin.

Asap berwarna putih timbul karena ada oli yang ikut terbakar di dalam ruang bakar/blok silinder, dan seharusnya ini tidak terjadi.

Tapi kalau memang anda menjumpai ini pada motor yang baru dibongkar mesin, berarti ada beberapa hal yang harus dicek ulang, diantaranya penyebab oli bisa masuk ke ruang bakar bisa melalui seal klep, dan melalui dinding silinder.

Pertama periksa apakah oil seal klep sudah di ganti baru setelah bongkar mesin? Karena setiap pembongkaran head silinder di sarankan untuk mengganti seal klep dan skir klep.

Jika memang sudah diganti baru coba periksa apakah batang klep ada baret-baret atau aus? Ini bisa dicek dengan di raba dan di lihat pada batang klep biasanya ada garis-garis keausan. Karena keausan pada batang klep bisa membuat oli dari head silinder masuk ke dalam ruang bakar, jadi kalau masalahnya itu harus ganti klepnya.

Pemeriksaan selanjutnya adalah kemungkinan oli yang kebakar karena:

1. Hasil boring/korteran blok silinder kurang halus/masih ada baret di dinding silinder,

2. Pemasangan Ring Piston yang tidak tepat sehingga oli dari crankshaft / bawah piston bisa menyusup keatas piston. Pemasangan ring piston ini ada aturanya jadi tidak boleh kebalik atau asal di pasang saja. Dan mekanik Honda pastinya tahu cara pemasangan yang benar.

Silakan untuk pemeriksaan di atas kami sarankan dilakukan oleh ahlinya, supaya tidak terjadi kesalahan analisa. Mudah-mudahan sharing ini bermanfaat bagi Anda dan teman-teman semua.

Terimakasih
Andriyanto-Bintang Motor (ddn/ddn)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar mobil dan motor.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +