Senin, 26 Sep 2016 09:49 WIB

Konsultasi

Penyebab Setang Motor Bergetar

Andriyanto - detikOto
Foto: dok detikOto Foto: dok detikOto
Jakarta - Hallo detikOto, saya menggunakan motor Vario 125. Beberapa bulan ini saya mengalami masalah. Ketika saya mulai membuka gas pertama, setang sudah bergetar.

Pun kemudian ketika melalui tanjakan, setang dan kepala kemudi langsung bergetar dengan keras. Kira-kira apa masalah di motor saya? Mohon bantuannya.

Terima kasih
Kristov Waruwu

Jawaban:

Halo mas bro Kristov Waruwu, salam kenal salam detikOto.

Penyebab getaran di setang motor Vario pada angkatan awal kemungkinan efek dari adanya selip antara kanvas kopling dan mangkok koplingnya, sehingga saat akselerasi seperti tersendat-sendat sehingga tenaganya tidak stabil.

Hal ini disebabkan bisa karena kanvas kopling dan rumah kopling sudah aus, atau bisa karena adanya kotoran/debu yangg banyak di ruang CVT, bisa juga karena terkontaminasi pelumas atau grease akibat seal-seal yang ada di dalam CVT ada yang bocor.

Untuk perbaikannya perlu dilakukan pembersihan CVT dan ganti seal-seal bila ada yg bocor, cek juga bagian terkait lainya seperti keausan komponen-komponen yang ada di dalam blok CVT, seperti movable driven, driven face, bos dan lainnya.

Demikian, jawaban dari saya, semoga bermanfaat.


Salam
Andriyanto
Bintang Motor (ddn/ddn)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar mobil dan motor.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed