Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 04 Agustus 2016, 11:43 WIB

Konsultasi Motor

Cara Mengecek Lampu Honda Vario yang Sering Putus

Andriyanto - detikOto
Cara Mengecek Lampu Honda Vario yang Sering Putus Foto: dok detikOto
Jakarta - Hallo detikOto, saya memiliki motor Honda Vario Techno 125 CBS tahun 2014. Setahun pertama, lampu tidak mengalami kendala berarti. Lampu jauh dan dekatnya menyala baik tanpa kendala.

Setelah tepat 1 tahun 1 bulan, lampu utama mulai mengalami masalah. Saya sering menggunakan lampu jauh-dekat karena mengendara di malam hari.

Usia kurang lebih 4 bulan sudah putus bahkan sempat hanya berusia 2 hari sejak pergantian. Tapi kalau stand by Lampu Dekat saja, bisa sampai 7 bulan. Apa ada yang salah dengan kelistrikanya? Terima kasih.

Aqsa Gunapraja
(Email dan nomor kontak ada di redaksi)

Jawaban:

Hallo masbro Aqsa Gunapraja, salam kenal dan salam detikOto.

Menjawab konsultasi Anda penyebab lampu depan cepat mati bisa dicek dengan memeriksa komponen berikut:

- Ukur tegangan yang masuk ke lampu depan dengan menggunakan voltmeter/AVO meter, pada saat motor dinyalakan tidak boleh melebihi 15 Volt, jika lebih dari itu maka ada yang perlu di cek pada bagian regulator rectifier/kiproknya.

- Periksa pada fitting lampu depan pastikan kondisinya masih bagus, sebab kadang-kadang jika fitting ada keausan maka arus yang masuk ke lampu jadi tidak stabil (putus nyambung) sehingga mengakibatkan lampu cepat putus.

- Periksa Lampu pada saat terpasang apakah kendor/longgar? Kalau longgar maka pada saat jalan terjadi getaran yang mengakibatkan lampu mudah putus juga, jadi pastikan tidak goyang/longgar saat lampu terpasang.

- Periksa dan pastikan part atau bohlam lampu yang Anda gunakan Original Astra Honda Motor dan Anda tidak melakukan modifikasi pada system kelistrikan yang memungkinkan bisa menyebabkan tegangan yang keluar ke lampu berlebihan.

Demikian tanggapan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam
Andriyanto, Bintang Motor

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed