Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 17 Februari 2016, 17:08 WIB

Konsultasi

Cek 3 Komponen Ini Kalau Honda Vario Jadi Boros Bensin

Andriyanto - detikOto
Cek 3 Komponen Ini Kalau Honda Vario Jadi Boros Bensin Foto: detikOto
Jakarta - Hallo detikOto, saya memiliki Honda Vario (CW) tahun 2010. Saya merasa motor sekarang sangat boros. Ganti oli 2 bulan sekali, karena memang jarang dipakai (hanya untuk antar jemput anak sekolah sekitar 2 km/hari).

Motor sudah saya bawa ke Ahass, tapi hanya di servis rutin saja dan ganti filter udara. Tapi sayangnya borosnya gak berkurang.

Hitungan saya boros jika dibandingkan dengan Honda BeAT saya, walaupun cc beda 10. tapi lebih boros 40%. Kalau tenaganya juga lebih baik BeAT saya.

Untuk diketahui mesin Vario-nya masih standar, pada saat tarikan awal ada terasa getaran (seperti deg-deg). Mohon solusinya.

Terima kasih
Johan Zaini


Jawaban:

Salam detikOto buat Bro Johan Zaini

Membaca konsultasi Anda pada motor Vario 2010 yang boros, menurut saya ada beberapa faktor penyebabnya diantaranya:

1. Ada keausan pada bagian V-Belt atau pada roller, sehingga bahan bakar ada sebagian yang terbuang percuma karena tidak maksimal di salurkan ke roda belakang. Solusinya ganti roller dan van belt.

2. Filter udara sudah kotor bisa mempengaruhi bensin boros, karena udara yang masuk tidak sempurna sehingga bensin yang dikeluarkan lebih banyak. Solusinya ganti filter udara.

3. Ada endapan karbon pada bagian blok silinder sehingga pembakaran di ruang bakar tidak bagus alhasil tenaga kurang padahal bensin keluar lebih banyak. Solusinya dibongkar blok silindernya dan dibersihkan kerak karbonnya.

Demikian jawaban dari saya atas konsultasi Anda, semoga bermanfaat .
Salam
Andriyanto – Bintangmotor.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed