Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 03 Dec 2015, 09:10 WIB

Konsultasi Mesin Honda

Honda Scoopy Mati Mendadak, Gara-gara CVT dan Roller?

Andriyanto - detikOto
Honda Scoopy Mati Mendadak, Gara-gara CVT dan Roller?
Jakarta -

Hallo detikOto, saya ingin bertanya tentang Honda Scoopy yang saya beli tahun 2014. Motor saya tiba-tiba mendadak mogok pada saat saya mengerem dan mengosongkan gas dari kecepatan sedang. Mesin mati dan susah sekali dihidupkan lagi baik dengan kick starter maupun dengan tombol start.

Lalu saya bawa ke bengkel AHASS, kata mekaniknya harus ganti CVT dan roller, saya heran dan bertanya apakah ada hubungannya mati mesin mendadak dengan ganti CVT dan roller?

Setahu saya mati mesin dalam keadaan gas kosong dikarenakan kombinasi bensin dan udara yang tidak seimbang dan harus disetel ulang.

Lalu mekanik itu bilang ada hubungannya, saya menurut saja akhirnya diganti CVT dan rollernya, dugaan saya terbukti ketika motor saya akhirnya mogok lagi ketika mengerem dan mengosongkan gas, saya bingung kenapa mekanik AHASS yang profesional bisa tidak mengerti permasalahan?

Sebenarnya apa yang kira-kira terjadi dengan motor saya? Terima kasih

Lugita Luciano

Jawaban

Hallo, salam detikOto.

Dari pengalaman kami mesin mati mendadak karena direm mendadak lalu susah sekali dihidupkan adalah akibat dari hilangnya kompresi, hilangnya kompresi bisa karena kondisi filter udara sudah kotor, karena kalau kotor mengakibatkan kotoran terhisap masuk ke mesin sehingga bisa menyebabkan ruang bakar cepet kotor kompresi menjadi turun.

Atau bisa juga karena ada penumpukan kerak-kerak sisa pembakaran di ruang bakar yang bisa saja mengganggu kinerja daun klep.

Untuk solusinya ya harus dibersihkan kerak-keraj di ruang bakar dan diskir klep atau cara paling mudah semprot cairan pembersih dari lubang intake.

Pengalaman kedua bisa saja karena celah klep yg terlalu rapat stelanya, sebaiknya cek ulang dan stel sesuai standar dengan fuller gauge dan ada satu lagi solusi paling cepat yang bisa dicoba untuk mengatasi hilangnya kompresi adalah dengan cara memasukkan oli mesin secukupnya ke dalam ruang bakar melalui lobang busi atau busi di buka dulu, lalu pasang lagi busi dan hidupkan mesin, mesin akan hidup normal lagi tetapi knalpot berasap tunggu sampai asap hilang pertanda oli di ruang bakar sudah terbakar habis.

Demikian jawaban dari kami. Semoga dapat menjadikan solusi bagi yang punya pengalaman yang sama seperti di atas.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed