Selasa, 01 Apr 2014 09:05 WIB

Bikin Kencang Honda Revo dan Amankah Pakai HID di Motor?

- detikOto
Jakarta - Hallo detikOto, selamat pagi, saya ingin menanyakan seputar Honda Revo. Saya memiliki motor ini. Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan.

1. Kalau saya ingin membuat peforma kecepatan motor saya, bagaimana saya membuat motor saya menjadi kenceng? (batas limit motor RPM cuma di angka 100)

2. Saya ingin lampu motor terlihat lebih terang, saya ingin masang HID, tapi desas desus HID kalau hujan juga langsung hilang penerangannya. Adakah solusi untuk itu? Produk lampu apa yang bisa saya ambil dan yang lebih penting tidak tekor aki.

3. Kenapa rantai motor selalu kendor? Sudah disetting tapi tetep selalu begitu. Bagaimana meminimalisir itu terjadi?

Terima kasih detikOto, semoga pertanyaan saya juga bisa membantu yang lain.

Aditya

Jawaban

Hallo mas bro Aditya, salam detikOto. Langsung saja ya menjawab pertanyaan Anda:

1. Untuk pengggunaan harian agar motor kian kencang cukup gunakan part pendongkrak tenaga yang PnP ( plug and play) dulu, misalnya gunakan CDI Racing BRT, porting & polish lubang in ex, sekalian ganti knalpot free flow & setting karbu lagi. Jika dirasa kurang bisa aplikasi bore up/ memperbesar volume silinder. Untuk Honda Revo 110 amannya bisa bore up sampai 120 cc dengan menggunakan piston diameter 54,5 mm. Sekaligus tata ulang ruang bakar, perbesar klep in & ex, saluran intake juga aplikasi karburator yang berventuri lebih besar sampai 28 mm. Pengerjaan bore up sebaiknya dilakukan di bengkel speed shop berpengalaman. Tetapi perlu diketahui, dengan melakukan bore up, durabilitas mesin tidak akan seawet mesin standar.

2. Pemasangan lampu HID tidak kami sarankan karena menyilaukan pengendara yang berpapasan sekaligus membahayakan orang lain. Cahaya lampu putih HID memang kurang efektif menembus kabut di kala hujan. Lebih simple mungkin Aditya bisa coba gunakan lampu yang memiliki daya atau watt lebih besar dari ukuran standar yang bisa meningkatkan intensitas cahaya lampu dengan bohlam standar. Pemasangan kiprok tersebut tinggal PnP.

3. Perlu dicek kondisi gear dan rantainya. Kalau sudah aus, meski sering disetel maka akan kendor lagi. Saran kami, ganti gear & rantai dengan spare part Genuine Honda. Selain itu, penggunaan kendaraan jarak jauh, beban kendaraan dan medan jalan juga bisa mempengaruhi rantai cepat kendor. Ada baiknya rantai secara rutin dibersihkan dan dilumasi dengan cairan khusus pelumas rantai.

Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.

Andriyanto.

(ddn/ddn)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar mobil dan motor.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia Selengkapnya