Kamis, 26 Des 2013 19:03 WIB

Kenapa Lampu Speedometer Honda CBR150R Mati?

- detikOto
Jakarta - Hallo detikOto, saya pengguna Honda New CBR150R awalnya lampu pada speedometer saya tiba-tiba mati tetapi hanya sementara. Tetapi kemudian sering mati dan akhirnya sekarang mati total.

Awalnya saya kira itu pengaruh dari aki motor yang sudah mulai soak tetapi setelah ganti aki motor ternyata tetap sama saja lampu speedometer pada RPM tetap mati.

Saya sudah cek ke bengkel resmi tetapi tidak berhasil kenapa kira-kira penyebabnya dan apa solusinya?

Terima kasih sebelumnya.

Phinanditia

Jawaban


Halo mas bro Phinanditia, salam kenal dan salam detikOto.

Langsung saja menjawab pertanyaan Anda mengenai problem yang anda alami pada lampu indikator RPM/speedometer pada CBR150.

Berdasarkan pengalaman, kami memulai dengan memeriksa beberapa kondisi sambungan kabel, yang mungkin ada yang lepas atau ada yang kendor, selain itu juga tentu harus memeriksa kondisi Aki terlebih dahulu.

Apabila sudah dipastikan kondisi Aki dalam keadaan bagus, maka ada beberapa kemungkinan penyebab.

Kemungkinan yang pertama adalah ada kabel masa/ground yang kendor, kabel ini adalah kabel yang beraliran listrik negatif dari aki yang dihubungkan ke bodi mesin, solusinya mudah, cukup dikencangkan saja baut pengikat kabel masa tersebut.

Kemungkinan kedua adalah ada masalah dengan speedometer Assy, nah untuk problem ini solusinya ada dua. Diganti baru atau diperbaiki.

Apabila motor Anda masih dalam masa garansi, jangan khawatir, karena bisa diproses klaim garansi, sepanjang tidak ada ubahan pada sistem kelistrikan Anda, maka proses claim bisa diterima oleh pabrikan.

Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.
Salam
Andriyanto



(ddn/ddn)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar mobil dan motor.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed