Kopling Yamaha Scorpio Bergetar dan Peninggi Shock

ADVERTISEMENT

Kopling Yamaha Scorpio Bergetar dan Peninggi Shock

- detikOto
Rabu, 17 Mar 2010 09:28 WIB
Jakarta - Selamat pagi Mas Topo, saya pemilik Yamaha Scorpio tahun 2005. Motor saya lagi bermasalah nih. Tolong dibantu ya. Ada 2 masalah yang mau saya tanyakan :

1. Rumah kopling saya terasa bergetar, ketika saya bawa ke bengkel, mekanik mengatakan rumah koplingnya sudah oblak, mekanik bilang kalau ganti baru mahal, lebih baik dipantek dengan diganti karetnya, pertanyaannya apakah aman kalau saya pantek?

2. Mau tanya bengkel Scorpio yang menjual peninggi shock belakang yang aman untuk dipakai harian dan bobot badan yang di atas 100 kg karena standarnya shock amblas, terima kasih dan saya harap jawaban yang diberikan bisa bermanfaat untuk saya.

Salam,
Dimas

Email: :
Dimas_7303@yahoo.co.id

Jawaban:


Selamat berjumpa buat Dimas di konsultasi modifikasi detikOto, salam kenal sebelumnya dan saya ucapkan selamat bergabung semoga bisa menambah wawasan dalam kita menekuni dunia otomotif.

Langsung saja ke permasalahannya, motor Scorpio anda bermasalah dengan rumah kopling yang sudah aus karet peredam bantalannya.

Tindakan untuk memantek yang dimaksud sebenarnya sudah benar tapi saran saya kalau bisa cara dan bahan buat penggantinya yang bagus jangan asal dan sekedar kuat.

Ingat kinerja rumah kopling sangat riskan sebagai penghubung putaran atau pelepas putaran mesin di kala kita mau pindah gigi, dan kalau bisa pas operasionalnya pakai dan gunakan utilitas kopling sebagaimana mustinya, jangan dihentak atau kasar dalam pemakainya, penyetelan yang sesuai akan baik untuk masa pakai yang normal.

Jadi gak perlu khawatir masalah pemantekan rumah kopling yang dimaksud atas saran teman mekanik.

Berlanjut kemasalah kedua tentang peninggi shock belakang Scorpio kalau  boleh saya sarankan jangan beli jadi arm relay dan conrodnya, karena banyak trouble dan bahan yang kurang kuat sehingga efek di kinerjanya kurang maksimal, contahnya gak senter di lubang bautnya dan juga material bahan yang tipis sehingga mempengaruhi kekuatanya, cara paling bagus ya merombak kontruksi unitraknya yang sesuai sehingga menghindari amblas yang bisa dilakukan dibengkel modifikasi yang berpengalaman tentunya, demikian dari saya semoga bisa membantu. Salam modifikasi.

(ddn/ddn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT