Lexus Kenalkan Konsep Kendaraan Listrik di GIIAS 2022, Seperti Apa?

Advertorial - detikOto
Jumat, 12 Agu 2022 00:00 WIB
adv_TOYOTALEXUS
Foto: dok. Lexus
Jakarta - Lexus Indonesia membawa visi elektrifikasi melalui serangkaian kejutan yang dihadirkan dalam perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Lexus pun menghadirkan The Lexus LF-Z Electrified Concept yang menampilkan citra masa depan dan arah evolusi Lexus.

Bukan hanya sekadar menjadi booth pertama dan satu-satunya yang menghadirkan 100% unit display berteknologi elektrifikasi, tahun ini, dengan mengusung tema 'An Alluring Future of Tomorrow', Lexus hadir dengan membawa konsep 'Eco-Friendly' lounge untuk menegaskan visi tersebut.

"Sebagai 'Next Generation of Lexus', LF-Z Electrified Concept menggabungkan performa berkendara dan teknologi yang ingin diwujudkan Lexus di masa depan. Seluruh inovasi yang tertanam dalam Lexus LF-Z Electrified Concept adalah kisi-kisi desain, fitur, dan teknologi pada model-model terbaru yang akan diperkenalkan Lexus dalam waktu dekat." ucap General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma dalam keterangan tertulis, Kamis (11/8/2022).

Desain mobil konsep ini cukup baik dengan bagian depan kendaraan yang lebih rendah dan semakin memuncak di bagian belakang untuk memperlihatkan karakteristik desain yang unik pada The Lexus LF-Z Electrified Concept. Ditambah dengan terobosan spindle design menjadi tiga dimensi dalam bentuk keseluruhan body kendaraan, menunjukkan semangat Lexus untuk menghasilkan styling yang sejalan dengan perkembangan teknologi.

adv_TOYOTALEXUS

Foto: dok. Lexus

Dibekali sistem DIRECT4, Lexus LF-Z Electrified Concept memiliki sistem penggerak yang dapat berubah secara adaptive dari Front Wheel Drive (FWD), Rear Wheel Drive (RWD) atau All-Wheel Drive (AWD) yang juga disempurnakan dengan teknologi Steer-by-Wire untuk memberikan kenyamanan bagi para pengemudi.

Lexus LF-Z Electrified Concept juga telah menggunakan konsep Tazuna Cockpit di bagian interior, dengan didukung oleh all-new multi-screen interface yang terinspirasi dari bentuk kupu-kupu hitam.

Serangkaian layar ditempatkan di sepanjang garis pandangan pengemudi sehingga seluruh tombol, tampilan head-up display, sistem navigasi, sistem audio, dan driving mode, dapat dioperasikan tanpa perlu mengubah pandangan sehingga meningkatkan konsentrasi berkendara pengemudi.

Didukung dengan teknologi Artificial Intelligence, pengemudi dapat berinteraksi melalui sentuhan atau suara saat mengendarai mobil konsep ini.

Beberapa konsep dan inovasi pada LF-Z Electrified Concept, telah terwujud pada model terbaru Lexus yang dihadirkan melalui Asia Premiere the All New Lexus RX pada Press Conference Lexus GIIAS 2022.

The All New Lexus RX juga mengadopsi bahasa :Limitless Design' terbaru, melalui perubahan signifikan pada bagian Spindle Grille desainnya, yang telah berkembang menjadi ekspresi baru yang kami sebut sebagai Spindle Body.

Menawarkan performa berkendara luar biasa melalui konsep 'Lexus Driving Signature', The All New Lexus RX telah mengadopsi GA-K platform untuk menyempurnakan beberapa elemen seperti low center of gravity, weight reduction, dan body rigidity.

Lexus RX telah mengawali visi Lexus Electrified di tahun 2005, melalui peluncuran Lexus RX 400h, sebagai mobil luxury pertama yang dilengkapi teknologi Lexus Hybrid Electric Drive. Medium SUV ini sedang dipersiapkan untuk dapat dipasarkan dalam waktu dekat.

adv_TOYOTALEXUS

Foto: dok. Lexus

"Selangkah lebih maju untuk mewujudkan visi dan tujuan Lexus Electrified di Indonesia, The All New Lexus RX akan menjadi model pertama di segmen Medium Luxury SUV dengan teknologi elektrifikasi melalui kehadiran varian Hybrid Electric dan Plug-in Hybrid Electric," ujar Bansar.

Lexus telah meluncurkan model All-Electric pertama-nya yaitu Lexus UX 300e dan tahun ini, model kendaraan tersebut telah terpilih sebagai salah satu mobil listrik yang akan menjadi kendaraan utama para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Kendaraan ini dipilih sebagai representasi dari visi elektrifikasi dan komitmen Lexus Indonesia untuk turut mendukung program pemerintah dalam mengurangi emisi gas buang.

Lexus UX 300e dilengkapi dengan kapasitas baterai Lithium-Ion sebesar 54.3 kWh dan dapat menempuh jarak 300Km WLTP dalam kondisi baterai penuh. Melalui power train EV yang powerful dan efisien, Lexus UX 300e menawarkan kenikmatan berkendara yang luar biasa sehingga dapat mendukung mobilitas para delegasi KTT G20.

Lexus Indonesia juga resmi meluncurkan varian baru dari Sub-Compact Luxury SUV yaitu Lexus UX 250h yang telah tersedia dalam varian F Sport.

"Kami menghadirkan Lexus UX 250h F Sport ini untuk semakin memperluas pilihan pelanggan setia Lexus Indonesia, dan sebagai langkah nyata dari komitmen kami untuk dapat menyediakan varian berbasis listrik di seluruh lini mobil Lexus di Indonesia," ungkap Bansar.

Lexus Indonesia akan terus memberikan kejutan bagi pelanggan setia Lexus, dimulai dari penyediaan fasilitas eksklusif Lexus Charging Network yang telah tersedia di seluruh Lexus Gallery dan Lexus Exclusive Parking Privilege, Lexus Indonesia juga akan menambah lokasi Lexus Charging Network di Immersion by Lexus yang merupakan Brand Space Lexus pertama di Asia Tenggara.

Kemudian, untuk mendukung layanan purna jual, Lexus sedang mengembangkan Electric Lexus Mobile Concierge Service atau E-LMCS untuk melayani kebutuhan emergency bagi pemilik mobil listrik Lexus.

Keseluruhan inovasi dan pengembangan teknologi yang senantiasa dihadirkan saat ini maupun ke depannya untuk melengkapi kebutuhan konsumen Lexus Indonesia yang beragam dan menginspirasi dinamika industri otomotif di Tanah Air khususnya pada bidang elektrifikasi.

Kunjungi booth Lexus selama perhelatan GIIAS 2022 pada 11 - 21 Agustus 2022 di Hall 2, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang dan rasakan amazing experience serta Omotenashi khas Lexus! (adv/adv)