Tampil Lebih Fresh, Intip Sejumlah Ubahan Mitsubishi New Xpander

Advertorial - detikOto
Rabu, 11 Mei 2022 00:00 WIB
adv
Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta - Mitsubishi New Xpander tampil lebih fresh. Walau hanya versi 'Facelift', generasi terbaru dari Xpander ini mengalami perubahan yang sangat signifikan seperti versi mobil 'All New' dari sisi tampilan.

Mengusung tagline 'Be The Life Xpander', MPV ini diberikan penyegaran dari sisi interior dan eksterior hingga performa dan juga sistem keselamatan yang ditingkatkan. Apalagi, tipe mobil yang rilis di tahun 2017 ini juga membawa teknologi terbaru yang disematkan.

"Dengan segala keunggulan fitur di sisi interior dan eksterior yang semakin luxurious, performa dan sistem keselamatan yang semakin baik, kami memperkenalkan NEW XPANDER sebagai generasi terbaru, yang akan menjadi partner Anda, para konsumen kami di Indonesia dalam menjalani petualangan hidup," ungkap President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura dilansir dari website Mitsubishi Motors.

Dengan perubahan generasi terbaru ini, mari dibahas satu per satu kelebihan dari New Xpander ini.

Exterior & Interior

Tampilan yang cukup fresh dalam desain bodi baru terlihat lebih berotot dan juga modern. Xpander generasi terbaru ini tetap mempertahankan bahasa desain 'Dynamic Shield' khas Mitsubishi Motors.

Perbedaan ada pada New Front Bumper yang terlihat lebih modern. Model grille-nya kini lebih besar dan dengan balutan warna chrome hitam. Logo Mitsubishinya pun terlihat lebih besar diapit lampu depan baru berbentuk T-Shape yang sudah menggunakan LED.

Dari bagian samping, tampilan Xpander baru ini tampak mirip dengan versi sebelumnya dengan bodi yang masih tampak berotot dengan lekuk dan garing melintang. Namun tampilannya lebih fresh berkat pelek model two tone berukuran 17 inch dan side sill garnish yang diperbarui.

Tampilan belakangnya pun makin sangar dengan lampu belakang model baru yang lebih modern yang Mitsubishi sebut 'New LED Rear Combination Lamp'. Desain bumper belakangnya juga terlihat lebih padat dan kekar.

Tak hanya tampilan luar, pembaruan juga dilakukan di bagian kabin dari Xpander terbaru ini. Meski tak berbeda jauh dari yang lama, tapi Mitsubishi memberikan pilihan warna baru untuk interiornya yaitu Black & Brown dan juga Black Dark Beige.

MPV ini juga diberikan soft touch pada bagian kabin sehingga membuat mobil ini tampil mewah. Bagian dashboardnya, Xpander terbaru memperlihatkan desain dengan gaya New Horizontal Axis Design dengan lapisan kulit.

Soal instrumen hiburannya, New Xpander dibekali layar sentuh berukuran 8 inci yang memiliki koneksi smartphone. Tampilan panel instrument juga sekarang lebih modern, dan desain lingkar kemudi yang berubah lebih sporty dan memiliki fungsi audio switch dan juga cruise control.

Pengaturan AC di dalam kabin pun berubah menjadi digital, tidak lagi menggunakan tombol analog. Kemudian pada bagian konsol tengah mendapat tambahan arm rest dengan cup holder, dan tersedia colokan USB di depan dan bagian samping serta tempat untuk meletakkan uang elektronik.

Performa

Beralih ke bagian dapur pacunya, New Xpander kini dibekali dengan pilihan transmisi New CVT yang membuat mobil akan menjadi lebih seimbang, irit bahan bakar serta tarikannya menjadi lebih mulus dan bertenaga.

Transmisi CVT Ini dipadukan dengan mesin berkapasitas 1.500 cc berkode 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro4. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 105 PS pada 6.000 RPM dan torsi 141 Nm pada 4.000 RPM.

Dari segi kaki, New Xpander masih mengusung suspensi depan MacPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang Torsion Beam. Untuk pengereman, ada rem cakram di depan dan rem tromol di belakang.

Sistem Keselamatan

Soal keselamatan, New Xpander kini dilengkapi Dual SRS Airbags, struktur RISE body, Seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar. Sistem pengunci pintu otomatis berdasarkan kecepatan juga sekarang tersedia di New Xpander.

Ditambah lagi dengan adanya Electric Parking Brake dengan Brake Auto Hold di tipe Ultimate dan Sport. Sistem keselamatan lain seperti ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, Hill Start Assist juga sudah tersedia mulai dari dari varian GLS hingga Ultimate CVT.

Mitsubishi menawarkan 7 varian dari New Xpander ini yaitu Xpander Ultimate CVT, Xpander Sport CVT, Xpander Sport MT, Xpander Exceed CVT, Xpander Exceed MT, Xpander GLS CVT, Xpander GLS MT.

Untuk pilihan warnanya ada 6 pilihan yakni Quartz White Pearl, warna baru Blade Silver Metallic, Jet Black Mica, dan Graphite Gray Metallic serta Red Metallic dan Deep Bronze tersedia untuk tipe Ultimate dan Sport.

Selain itu terdapat tiga warna interior berbeda untuk New Xpander: Black and Dark Beige (Ultimate CVT), Black and Brown (Sport CVT & MT), dan Black (GLS, Exceed). Mitsubishi memberikan beragam layanan yang memudahkan konsumen, seperti call center Mitsubishi Motors Customer Care dan Layanan Siaga Mitsubishi 24 Jam, yang dapat diakses konsumen melalui 0804-1-300-300 atau aplikasi My Mitsubishi Motors ID. (adv/adv)