All New Yamaha NMax Terasa Seperti Moge karena Fitur Ini

Advertorial - detikOto
Sabtu, 31 Jul 2021 00:00 WIB
adv
Foto: Dok. Yamaha
Jakarta - Sabtu, 7 Februari 2015 menjadi waktu yang bersejarah bagi dunia otomotif roda dua Indonesia. Di hari tersebut, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis sebuah skuter matik (skutik) premium yang kelak mengubah paradigma skutik di Tanah Air.

Skuter tersebut ialah Yamaha NMax, skutik premium dengan bodi gambot bertabur teknologi modern. Berbeda dengan pakem skutik yang biasanya berbodi compact dengan dimensi ramping, NMax mengusung bodi kekar dengah ergonomi khas motor matik besar.

Yamaha NMax dibubuhi teknologi unggul di kelas skutik 150cc. Sebut saja rem cakram di kedua roda, Anti-Lock Braking System (ABS), full digital speedometer, dan lainnya. Tak ayal NMax langsung menjadi primadona hingga diekspor ke puluhan negara.

Tak hanya laris manis di Indonesia, Yamaha NMax juga mendapatkan sambutan positif di mancanegara. YIMM pun mengirim produk rakitan Pulogadung ini ke negara-negara Asia, Australia, Eropa, hingga Afrika.

Kesuksesan generasi pertama Yamaha NMax tak membuat YIMM berhenti berinovasi. Skutik dari keluarga MAXI Yamaha ini terus disempurnakan untuk memenuhi tren dan kebutuhan konsumen.

Teknologi Y-Connect


Seperti diketahui, adaptasi digital terjadi semakin massif dalam beberapa tahun ke belakang. Yamaha Indonesia pun menjawab fenomena tersebut dengan menghadirkan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini melalui generasi terbaru NMAX yaitu All New NMAX 155 Connected ABS di akhir tahun 2019.

All New Yamaha NMax 155 Connected dilengkapi dengan fitur Y-Connect yang memungkinkan motor terhubung dengan smartphone melalui teknologi Communication Control Unit (CCU).

Teknologi ini merupakan gebrakan Yamaha untuk skutik kategori premium. Bisa dikatakan, All New NMax 155 Connected merupakan skutik di kelas 150cc pertama yang memakai teknologi ini. Biasanya, teknologi serupa baru tersedia di motor-motor besar atau moge berkapasitas mesin di atas 500cc.

Dengan Y-Connect, pemilik motor dapat memantau kondisi motor hingga data berkendara secara aktual dengan lebih mudah. Y-Connect memberikan informasi penting seperti kondisi aki dan oli mesin serta menampilkan notifikasi jika terjadi malfungsi pada motor. Dengan kemudahan pengecekan tersebut, tentu sangat membantu konsumen di tengah kondisi PPKM seperti ini, karena tidak perlu repot-repot datang ke bengkel.

Y-Connect juga dapat menampilkan data konsumsi bahan bakar motor ketika digunakan secara harian, bulanan bahkan tahunan. Melalui fitur tersebut, pengguna dapat menyesuaikan gaya berkendaranya untuk memperoleh efisiensi lebih optimal.

Fitur lain yang sangat membantu mobilitas pengguna, teknologi ini dapat memberikan lokasi parkir terakhir sepeda motor saat terhubung dengan aplikasi. Memudahkan pengguna menemukan motor saat diparkir, terutama di tempat yang luas seperti mall atau lapangan luas.

Ada pula fitur Rank yang mendorong pengguna Connected model dari Yamaha untuk lebih menikmati aktivitas berkendaranya melalui kompetisi jarak tempuh ataupun eco poin dengan sesama pengguna Y-Connect.


Cara Pengoperasian


Y-Connect dapat mengkoneksikan motor dan ponsel pintar melalui sambungan bluetooth. Koneksi dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan singkat.

advFoto: Dok. Yamaha

Pertama, unduh aplikasi Y-Connect di ponsel pintar, lalu login menggunakan email. Kemudian, hubungkan Communication Control Unit (CCU) pada motor dengan ponsel melalui sambungan bluetooth.

Ada tiga pilihan cara untuk mengkoneksikan motor dengan ponsel. Pertama, bisa dengan scan QR Code pada perangkat CCU. Cara lainnya, scan barcode pada nomor rangka motor yang tersemat di dalam bagasi. Alternatif berikutnya, masukkan nomor rangka yang terpatri di area behel secara manual.

Langkah selanjutnya, putar knob kontak ke posisi on. Secara otomatis CCU akan terkoneksi ke smartphone yang telah didaftarkan. Jika CCU dan ponsel berhasil terhubung maka akan muncul ikon Y-Connect dan indikator baterai smartphone di layar speedometer. (adv/adv)