6 Tips Perawatan Mobil agar Performa Terjaga dan Tetap Prima

Advertorial - detikOto
Senin, 18 Jan 2021 00:00 WIB
Niipon Oil
Foto: dok. ENEOS
Jakarta - Mobilitas yang tinggi kerap membuat pemilik mobil lupa untuk melakukan perawatan secara rutin. Padahal, usia penggunaan mobil bergantung pada perawatan yang dilakukan.

Jika perawatan minim, maka beragam komponen mobil rentan mengalami kerusakan. Terlebih jika kondisi lalu lintas padat dan macet yang membuat mobil beserta komponen di dalamnya bekerja dengan lebih keras.

Untuk itulah perlu merawat kendaraan agar mobil selalu dalam kondisi prima dan tahan lama. Melansir dari beragam sumber, simak tipsnya berikut ini.

1. Cek Kopling dan Rem

Memasuki 10.000 km untuk mobil baru dan 50,000 serta 100,000 km, Anda disarankan untuk segera mengecek kondisi kendaraan. Perhatikan kampas kopling yang sudah mulai aus, karena hal itu dapat membuat perpindahan gigi terasa berat. Lalu, rutin cek kondisi rem dengan menggantinya setiap 20.000 km.

2. Ganti Air Radiator

Agar performa mobil tetap prima, mengganti air radiator harus diperhatikan dan tidak boleh asal-asalan. Radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin guna mencegah terjadinya overheat.

Apabila kondisi radiator tidak baik, maka mesin akan mudah panas sehingga rentan mengalami kerusakan. Oleh karenanya, perlu dilakukan pengecekan radiator secara berkala, nantinya bisa dilakukan top up atau menguras semua dan menggantinya dengan air radiator yang baru

3. Melakukan Pengecekan Aki

Pengecekan aki dinilai sangat penting untuk memperpanjang usia penggunaan mobil. Anda bisa melakukan kontrol pada air aki setidaknya dua minggu sekali jika menggunakan aki basah. Pastikan air aki berada pada level yang seharusnya, yaitu di antara garis batas penanda.

4. Cek Ban dan Tekanan

Meskipun terkesan sepele, tekanan ban sangatlah penting untuk keselamatan. Terlebih jika Anda sering bepergian jauh menggunakan mobil, Anda perlu mengecek kondisi ban dan tekanannya secara berkala, minimal sebulan sekali. Perhatikan juga kondisi keempat ban pada mobil, segera ganti bila kondisi ban sudah tidak memungkinkan.

5. Rutin Periksa Kabel dan Lampu

Selain ban, periksa pula kondisi kabel dan lampu pada mobil agar mobil dapat bekerja dengan maksimal dan tahan lama. Perhatikan apakah ada kabel yang kendur, atau bahkan nyaris putus, dan lampu yang mulai redup. Bila menemukannya, maka jangan tunggu lama-lama dan langsung ganti dengan yang baru. Disarankan untuk menggunakan spare part asli pabrikan yang direkomendasikan.

6. Rutin Cek Oli

Cara lain yang perlu dilakukan agar mobil tahan lama adalah melakukan pengecekan dan penggantian oli secara rutin. Idealnya, penggantian oli dapat dilakukan tiap mobil menyentuh jarak 10.000 km atau 6 bulan sekali. Namun, bagi penggunaan mobil yang dalam kesehariannya menghadapi kemacetan, disarankan mengganti oli setiap 5.000 km. Atau bila mesin mobil terasa kasar dan warna oli sudah menghitam.

Sebaiknya, pilih oli atau pelumas yang menggunakan bahan aditif terpercaya dan mendapatkan sertifikasi resmi standard NPT dan SNI, seperti halnya rangkaian produk pelumas ENEOS.

Pelumas ENEOS dirancang khusus untuk segala jenis mesin kendaraan serta menyesuaikan dengan kondisi lalu lintas dan iklim di Indonesia, sehingga memberikan kinerja, tenaga, dan perlindungan maksimal untuk kendaraan Anda.

Dengan teknologi terbaru dan standar quality check Jepang, pelumas ENEOS mampu meningkatkan performa kendaraan. Tidak hanya itu, pelumas ENEOS juga membuat bahan bakar lebih irit, serta interval pergantian oli yang lebih lama sehingga lebih efisien dan hemat. Kebersihan mesin kendaraan pun dapat terus terjaga.

Untuk kendaraan roda 4 berbahan bakar bensin terdapat varian Molybdenum, formula khusus yang dirancang untuk mengatasi panas berlebih yang dihasilkan mesin atau kondisi temperatur udara. Jenis SAE pada oli bensin ENEOS 5W-30, 0W-20, 10W-30, 20W-50. Ada pula varian pelumas ENEOS untuk kendaraan roda 4 berbahan bakar diesel serta kendaraan roda 2 (4 tak dan 2 tak).

Penggunaan oli ENEOS juga ditemukan di beberapa ajang balap mobil maupun motor skala internasional seperti Moto GP, D1 Grand Prix, dan lain sebagainya, sehingga membuktikan ENEOS memiliki performa tinggi, sehingga sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan roda 2 dan roda 4, bahkan untuk mobil balap sekalipun.

Untuk informasi varian produk ENEOS dapat dilihat di situs resmi ENEOS Indonesia www.eneos.id atau melalui laman Instagram @ENEOSIndonesia serta Facebook ENEOS Indonesia.

(adv/adv)