Rabu, 29 Apr 2020 00:00 WIB

Melihat Lagi Perjalanan 1.000 Hari Wuling di Indonesia

Advertorial - detikOto
adv Foto: Dok. Wuling
Jakarta -

Sekitar tiga tahun lalu, industri otomotif Indonesia kedatangan brand mobil baru. Di awal kemunculannya, brand ini membuat gebrakan dengan menyodorkan pilihan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dengan harga terjangkau tapi bertabur fitur jempolan.

Ya, brand itu adalah Wuling Motors. Brand asal Tiongkok yang merupakan anak perusahaan dari SAIC-GM-Wuling Automobile Company Limited (SGMW). Perusahaan otomotif itu mencetak penjualan 2,15 juta unit kendaraan di 2017 dan menduduki posisi nomor satu dalam hal volume penjualan untuk perusahaan otomotif tunggal selama 12 tahun di Tiongkok.

Di awal kemunculannya, nama Wuling Motors terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Tapi, perlahan nama Wuling semakin akrab di benak publik Tanah Air, pun dengan produk mobilnya yang diminati karena sejumlah keunggulan.

Perjalanan Wuling Motors di Indonesia

Sebelum merilis produk mobil pada 2017, Wuling Motors sudah menjejakkan langkah di Indonesia pada 2015. Di tahun itu, Wuling Motors membuat seremoni peletakan batu pertama untuk pembangunan pabrik terintegrasi di lahan seluas 60 hektar di kawasan Cikarang, Jawa Barat. Kelak, pabrik itu mampu memproduksi 120 ribu unit kendaraan per tahun dan menyerap 3000 lapangan kerja.

Setahun berselang,Wuling menunjukkan eksistensinya di ranah otomotif Tanah Air dengan ambil bagian di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Dalam pagelaran itu, Wuling menampilkan produk MPV Hongguang, cikal bakal Wuling Confero yang jadi produk pertama mereka di Indonesia.

Di 2017, Wuling meresmikan pabrik di Cikarang disaksikan langsung Jusuf Kalla yang saat itu menjabat wakil presiden, dan Airlangga Hartarto sebagai Menteri Perindustrian kala itu.

Selepas meresmikan pabrik, Wuling langsung melepas produk pertamanya. Ya, seperti yang sudah disinggung di atas, produk itu ialah Wuling Confero.

Nama Confero mengandung arti "kebersamaan". Nama itu diambil untuk menyesuaikan budaya kebersamaan masyarakat Indonesia.

Wuling Confero juga memiliki varian Confero S. Label "S" bermakna sport, yang mana Wuling memberikan pilihan mobil fungsional dan nyaman untuk keluarga tapi tetap memiliki aura sporty.

Confero S diklaim cocok untuk menemani perjalanan keluarga di Indonesia. Baik bentuk, mesin, ukuran, fitur, dan kenyamanan sudah disesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia.

Harganya pun di bawah rata-rata Low MPV yang ditawarkan di Tanah Air. Dengan harga di bawah kompetitor, fitur keselamatan dan keamanan yang melekat pada mobil ini setara, bahkan lebih banyak dari mobil lain di kelasnya.

Fungsionalitas dan deretan fitur modern mengantarkan Confero S mendapatkan penghargaan kategori Small MPV di berbagai ajang penganugerahan yang diselenggarakan media otomotif nasional.

adv

Foto: Dok. Wuling

Di tahun yang sama dengan dirilisnya produk mobil pertama, Wuling membuka 50 dealer di seluruh Indonesia. Semua dealer ini sudah beroperasi melayani perawatan mobil-mobil Wuling. Di tahun 2017 pula, Wuling langsung merangsek sebagai 10 merek mobil terlaris di Indonesia dari sisi penjualan.

Momen lahirnya Cortez dan Almaz

Berlanjut di 2018, Wuling menambah amunisinya di segmen MPV. Setelah masuk ke segmen LMPV lewat Confero, giliran Cortez yang dihadirkan untuk bersaing di level medium MPV, melawan sejumlah kompetitor.

Sambutan masyarakat pada kehadiran mobil ini pun positif. Desain modern diimbangi segenap fitur kelas menengah atas dengan kisaran harga lebih rendah dari kompetitor membuat Wuling Cortez diminati konsumen mobil Indonesia. Tak ayal, mobil ini juga menyabet berbagai penghargaan di ajang penganugerahan bergengsi.

Masih di 2018, Wuling menyodorkan produk di kelas light commercial vehicle yaitu Wuling Formo. Mobil ini disiapkan untuk kebutuhan niaga, dengan kabin yang luas serta performa mesin mumpuni.

Setahun berselang, Wuling akhirnya memasarkan SUV perdananya di Indonesia, Wuling Almaz. Varian baru ini pun menjadi idola baru untuk para penggemar SUV, berkat fitur multimedia yang canggih, salah satu fitur unggulannya yaitu Wuling Indonesian Command untuk menjalankan multimedia lewat perintah suara. Almaz memiliki desain agresif serta kabin yang luas. Mobil ini juga meraih berbagai penghargaan.

Hingga memasuki tahun 2020 dan menapaki 1000 hari berkiprah, Wuling masih terus memberikan yang terbaik untuk konsumen di Indonesia dengan memberikan layanan after sales melalui 115 jaringan dealer di Tanah Air, juga layanan online di aplikasi My Wuling+ untuk kepuasan para konsumen.

(adv/adv)