Senin, 17 Des 2012 11:46 WIB

Coaching Clinic Smart Driving Toyota

Ini Tips Eco Driving Untuk Mobil Matic

- detikOto
Jakarta - Avanza Veloz tersedia dalam dua transmisi, manual dan otomatis. Bagi orang yang terbiasa mengendarai mobil bertransmisi manual, umumnya akan merasa mobil bertransmisi otomatis membutuhkan konsumsi bahan bakar lebih banyak. Padahal, ada tips dan trik supaya mengendarai mobil bertransmisi otomatis lebih efisien bahan bakar.

Hal inilah yang menjadi pertanyaan beberapa peserta Coaching Clinic Smart Driving Toyota di Bandung, 15 Desember. Bintarto Agung dari Indonesia Defensive Driving Center menjelaskan, dari segi engineering perbedaan mobil bertransmisi manual dan otomatis ada di segi keamanan atau faktor gesekan.

“Kalau mengendarai Veloz matic yang harus dipelajari dan dibiasakan adalah masalah akselerator. Di Veloz ada fasilitas kick down untuk merubah gigi. Nah, kita harus lebih sensitif mengatur akselerator pedal gasnya. Kita oper gigi kalau mendekati 2.000 – 2.200 RPM, diangkat sedikit saja langsung ngoper. Tambah sedikit, jaga di RPM segitu jadi tidak anjlok. Kita memang harus latihan,” papar Bintarto.

Jika diperhatikan, pengemudi sering berperilaku lebih agresif saat mengemudikan mobil bertransmisi manual. Sementara mobil bertransmisi otomatis sudah diatur mesin yang disebut Electronic Transmission Control. Jadi jika secara tidak sengaja pengemudi menurunkan gigi dari D ke 1, gigi tidak akan pindah ke 1 sebelum sensor mobil merasa cukup aman untuk pindah ke gigi 1.

“Semuanya kembali ke diri kita sendiri. Harus membiasakan diri kalau bagi yang biasa bawa manual, sekarang mau coba bawa matic. Orientasi kendaraan baru harus ke pengaturan akselerator,” pesan Bintarto di hadapan puluhan peserta yang berasal dari Bandung dan sekitarnya sore itu.

Bintarto menyarankan, jangan gunakan torsi berlebih saat melakukan akselerasi. “Torsi optimum Veloz ada di 1.500  sampai 2.500 atau 2.800 RPM. Jangan mengoper lebih dari besaran torsi itu, karena Anda sudah bisa mendapatkan kecepatan yang sesuai yakni 50 km/jam. Jangan gunakan torsi berlebih supaya Veloz Anda lebih efisien bahan bakar,” tandas Bintarto.

Avanza Veloz memiliki MID atau Multi Information Display yang bisa memberikan informasi aktual konsumsi BBM dan jarak tempuh kendaraan. Jadi Anda bisa menghitung sendiri seberapa besar konsumsi BBM tergantung dari kondisi jalan dan medan yang Anda tempuh.


(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed