detikOto

Ini Dia Calon Pengganti Bajaj dari Swedia

Syubhan Akib - detikOto
Kamis, 30/05/2013 17:56 WIB

Jakarta -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) baru saja melakukan kunjungan kenegaraan ke Swedia. Ternyata, kunjungan itu membawa hasil, salah satunya adalah rencana masuknya pengganti Bajaj dari Swedia, Zbee. Sebuah kendaraan roda tiga bertenaga listrik yang ramah lingkungan.

Kunjungan SBY ke Swedia pada 27-29 Mei menurut situs kedutaan Swedia adalah kunjungan bersejarah sebab terakhir kali pemimpin Indonesia datang ke Swedia adalah pada 3-5 Mei 1959 saat Soekarno datang ke sana.

Kedatangan SBY pun bertujuan untuk menjalin kerja sama di berbagai bidang, salah satunya adalah menciptakan era kendaraan ramah lingkungan di Indonesia dengan menhadirkan Zbee.

SBY dikabarkan telah melihat kendaraan yang dikembangkan oleh Clean Motion ini saat kunjungannya. Dan tidak menunggu lama, produksi pertama Zbee dikabarkan akan dilakukan pada bulan Agustus di Jawa Timur meski tidak dijelaskan dimana tepatnya.

Ada kabar yang mengatakan kalau mobil ini juga akan diperlihatkan di Indonesia pada 12 Juni mendatang di Jakarta. Gubernur Jakarta dikabarkan diundang untuk menyaksikan kendaraan yang bentuknya mirip Bajaj di Balai Kota Jakarta.

Meski tampangnya mirip Bajaj roda tiga, Zbee sangat berbeda. Karena bila Bajaj tiga roda bisa dianggap tidak ramah pada lingkungan, tenaga listrik yang diaplikasi Zbee membuatnya sangat ramah pada lingkungan.


(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com