detikOto

Mobil Rancangan Desainer Indonesia Bakal Jadi City Car Teririt di Dunia?

Syubhan Akib - detikOto
Jumat, 22/02/2013 20:05 WIB

Jakarta -Produsen mobil Volkswagen siap memperlihatkan versi produksi dari mobil teririt di dunia, VW XL1. Ternyata, teknologi pada XL1 juga akan diaplikasikan oleh VW pada mobil yang desainnya hasil rancangan orang Indonesia, VW Up!.

VW Up! yang desainnya merupakan hasil rancangan desainer Indonesia bernama Christian Lesmana menurut rencana akan segera dibuatkan versi hybrid. Untuk membuat versi hybrid itu, teknologi dari XL1 kemungkinan akan diadopsi.

Autocar melaporkan kalau XL1 akan diperkuat mesin diesel dua silinder dengan kapasitas 800 cc bertenaga 47 bhp yang akan disandingkan dengan motor listirk berkekuatan 27 bhp. Dengan paduan tersebut, mobil ini diklaim Volkswagen sebagai 'most fuel-efficient production car in the world'. Mobil ini diklaim VW mampu berjalan 100 km hanya dengan meminum 0,9 liter saja atau sekitar 133 km/liter.

Nah, beberapa teknologi yang ada XL1 ini kemungkinan juga akan segera diaplikasikan pada Up! versi hybrid. Dengan sistem hybrid sendiri bobot VW Up! kemungkinan akan meningkat karena harus menggendong baterai listrik meski dipercaya masih akan berada di bawah 1.000 kg.

Meski tidak sepenuhnya menerapkan teknologi hybrid canggih yang ada di XL1, Up! tetap dipercaya akan mampu menampilkan tingkat efisiensi yang akan membuatnya menjadi salah satu city car teririt di dunia. Diperkirakan konsumsi BBM lebih dari 38,2 km/liter dapat dicapai mobil Jerman ini.

Ketika bahan bakar habis, para pengguna VW Up! hybrid ini pun masih bisa sampai ke rumah. Sebab, hanya dengan menggunakan tenaga listrik yang ada di baterainya, mobil i ni mampu berjalan sejauh 48 km. Terlebih tenaga listrik untuk baterai juga terus diisi secara otomatis karena mobil mampu mengkonversi efek meluncur atau mengerem untuk dijadikan tenaga listrik.

Namun, mobil ini baru pada tahap penelitian. Sehingga kemungkinan tidak akan bisa dijual dalam 18 bulan ke depan.

(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Twitter Recommendation
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com