detikOto


Konsultasi Mesin Motor Bersama
Andriyanto
Bintang Motor

PT. Bintang Niaga Jaya
Jl. Mayor Oking No.102 Ciriung, Cibinong, Bogor
Telp. 021-8765447
Fax. 021-8765446


Cara Mendeteksi Kampas Kopling Motor yang Mulai Aus

Andriyanto - detikOto
Rabu, 19/09/2012 09:01 WIB

Cara Mendeteksi Kampas Kopling Motor yang Mulai Aus ilustrasi
Jakarta -Hallo detikOto, saya ingin menanyakan, bagaimana mendekteksi kamplas kopling motor yang harus diganti? Motor Honda SupraX125 Helm-In 2011 milik saya sudah terasa tidak maknyus lagi tarikannya.

Apakah kampas kopling Honda SupraX125 Helm in sama tidak dengan Supra X lawas? Itu saja terima kasih.

Lambang-Bekasi

Jawaban:

Halo Mas Lambang, salam detikOto dan salam kenal Mas. Terimakasih atas pertanyaan yang disampaikan di rubrik ini.

Oh ya menjawab pertanyaan Mas Lambang tentang cara mengetahui kampas kopling spakah perlu diganti atau belum bisa dengan cara sebagai berikut.

Pada motor SupraX125 helm in maupun motor bebek lainnya terdapat 2 buah konstruksi kopling, yaitu:

1. Kopling primer /sentrifugal yang posisinya di bagian depan yang satu poros dengan kruk as untuk mengetahui keausannya bisa dirasakan pada saat putaran bawah atau hentakan awal motor. Apabila pada saat posisi gigi 1 tidak ada hentakan atau terasa selip, maka dipastikan kampas kopling sentrifugalnya sudah aus dan perlu diganti.

2. Kopling sekunder/ganda yang satu poros dengan as gigi transmisi depan/main shaft, biasanya yang sering cepat aus adalah pada kopling ini yang berisi 4 kampas kopling + 3 pelat kopling. Untuk mengetahui keausannya bisa dirasakan pada putaran atas atau RPM 3.000 ke atas, kalau pada saat dipakai jalan di gigi 3 atau 4 tidak ada tarikan lagi alias terasa ngempos, maka kemungkinan besar keausan terjadi pada kampas koplingnya dan solusinya ya mesti ganti baru.

Tips di atas adalah cara analisa dengan feelingnya pengendara, kalau dengan caranya mekanik bisa dengan cara mengukur ketebalan kampas kopling sekunder menggunakan alat jangka sorong, dimana untuk kondisi normal ketebalan kampas kopling SupraX125 adalah 2,5-2,7 mm dengan batas servis 2,2 mm artinya apabila sudah di bawah 2,2 mm kampas kopling perlu diganti.

Kampas kopling SupraX helm in sama dengan SupraX125 yang lama mas.

Demikian jawaban dari saya semoga bermanfaat.

Salam
Andriyanto-Bintangmotor

(ddn/ddn)

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com