detikOto

Nissan: Juke di Indonesia Tidak Ditarik

Syubhan Akib - detikOto
Kamis, 08/12/2011 20:36 WIB

Jakarta -Pengumuman penarikan kembali atau recall yang akan dilakukan Nissan Motor Co terhadap mobil fenomenal Nissan Juke berbuah tanggapan dari PT. Nissan Motor Indonesia (NMI). NMI menegaskan kalau recall yang melanda dunia tidak akan sampai ke Indonesia.

Namun, Nissan mengakui kalau di tataran global penarikan kembali memang Nissan Juke memang ada. Penarikan itu melibatkan 118.000 Juke yang tersebar di seluruh dunia karena ditemukannya cacat pada pengunci pintu dan komponen turbocharger.

"1. Bahwa benar telah terjadi aksi recall untuk 118.000 unit Nissan Juke karena ditemukannya pengunci pintu (door lock) yang tidak berfungsi dengan baik serta kerusakan pada turbocharger," aku NMI dalam penjelasan resmi yang detikOto terima, Kamis (8/12/2011).

"2.Namun demikian, dapat kami informasikan bahwa kendaraan Nissan Juke yang diproduksi dan diedarkan di Indonesia tidak menjadi subyek recall tersebut," tandas mereka.

Lebih lanjut, NMI menjelaskan masalah pada pengunci pintu bisa saja terjadi jika terdapat tetesan air pada titik sambungan antara door lock dan kabel door lock.

"Maka tetes air tersebut akan membeku akibat suhu yang rendah saat cuaca dingin dan ekstrim (winter). Door lock menjadi tidak berfungsi dengan baik, dan sebagai akibatnya pintu tidak dapat dibuka ataupun ditutup," jelas NMI.

"Komponen dalam pintu pada Nissan Juke memiliki spesifikasi yang sama di seluruh dunia, namun demikian aktivitas recall hanya berlaku untuk negara yang memiliki suhu dingin yang ekstrim (winter) seperti Jepang, Amerika Serikat, Kanada, dan beberapa Eropa," tambah mereka.

Setelah itu, untuk masalah pada turbocharger, NMI menegaskan kalau Nissan Juke yang diproduksi di Indonesia tidak dilengkapi oleh turbocharger, jadi masalah yang terjadi di tataran global terhadap turbocharger Nissan Juke praktis tidak menyentuh nusantara.

"Saat ini semua kendaraan Nissan Juke yang diproduksi di Indonesia tidak dilengkapi oleh turbocharger (tipe mesin Nissan Juke di Indonesia adalah HR15DE, sementara kendaraan yang terkait dengan recall menggunakan mesin model MR16DDT). Aktivitas recall hanya diaplikasikan pada model mesin yang dilengkapi dengan turbocharger (dalam rentang waktu produksi dan negara tertentu)," tutup NMI.


(syu/ddn)

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        




Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close