detikOto

Fitur Sedan Murah Proton Saga

Muhamad Ikhsan - detikOto
Sabtu, 21/03/2009 16:05 WIB

Fitur Sedan Murah Proton Saga New Proton Saga (Ikhsan-detikOto)
Jakarta -Penasaran dengan fitur eksterior dan interior serta spesifikasi mesin mobil New Proton Saga keluaran negeri jiran yang dibanderol dengan harga Rp 115 juta hingga Rp 120 juta?

Nah, mobil sedan keluaran produsen Malaysia ini akan kita bedah tuntas secara tuntas, tas, tas.

Tampilan body luar New Proton Saga memang sangat berbeda dengan Proton Saga
keluaran terdahulu. Saat ini body New Proton Saga mengalami sentuhan yang sangat halus dan terdapat lekukan yang tidak patah ketimbang Saga terdahulu yang mengadopsi lekukan yang sangat patah.

New Proton Saga memiliki dimensi panjang 4.257 mm, lebar 1.680 mm dan panjang 1.502 mm serta berat beban kosong 1.035 kg untuk transmisi manual dan 1.065 kg untuk bertransmisi otomatis.

Keadaan ini membuat New Proton Saga tergolong efisien untuk dikendarai di tengah kota Jakarta karena secara keseluruhan bodi yang tidak terlampau besar.

Selain itu, sebagai penunjang tampilan eksterior New Proton Saga ini, front fog lamp dan head lamp yang lebar sebagai syarat pemberi cahaya yang cukup untuk malam hari dirasa sangat sesuai.

Selain itu, lampu rem yang lebar sebagai pembantu sinyal tanda berhenti yang jelas kepada pengendara di belakang menambah keeleganan mobil yang satu ini.

Tidak itu saja, electric mirror dengan tampilan sedikit besar yang disematkan turut menambah sporty mobil New Proton Saga ini.

Dan ada yang lebih menonjol dari perubahan New Proton Saga 1.300 cc ini. Tepatnya terletak pada bumper belakang yang lebar dan tampilan grille depan yang sangat sporty dan sedikit menganga membuat asupan udara sangat leluasa didapatkan mesin New Proton Saga ini.

Untuk tampilan yang satu ini cukup menyakinkan, ditambah lagi dengan teknik
guratan pada grille depan dan belakang sehingga mampu menyerupai layaknya mobil sport.

Untuk bagian kaki-kaki, New Proton Saga dengan tampilan barunya ini sangat eye catching menggunakan velg ukuran ring 14 dan tapak 185/60 pada bagian depan dan belakangnya.

Setelah mengulas eksterior New Proton Saga, kini kita masuk ke bagian interior mobil anyar tersebut.

Mobil yang diluncurkan di sirkuit jalanan Lippo Village Karawaci, Tangerang ini tidak terlalu mengadopsi fitur-fitur yang tergolong canggih.

Head unit misalnya, desain tergolong standar. Hanya Radio with CD player, pengatur AC manual serta pengatur lainnya yang terintegrasi. Selain itu, ada tilt steering yang bisa membantu pengemudi mendapatkan posisi nyamannya.

Mobil seharga Rp 115 juta hingga Rp 120 juta ini ternyata dilengkapi dengan keyless entry remote. Peranti standar biasa digunakan kendaraan menengah ke atas untuk memudahkan pengendara dalam membuka-mengunci pintu.

Ditambah dengan pengatur kursi yang biasa disebut seat height adjuster for driver yang memudahkan pengendara mendapatkan kombinasi berkendara. Serta teknologi power steering.

Namun sayang, mobil hanya menggunakan fitur keselamatan air bag pada bagian pengemudinya saja dan tidak diimbangi pada posisi lainnya.

Langkap sudah untuk bagian interior, sekarang kita kebagian yang paling
menentukan kehandalan mobil tersebut yaitu bagian mesin.

New Proton Saga lahir sebagai varian terbaru setelah belasan tahun lamanya,
tetapi jika ini tidak diimbangi dengan mesin terbaru maka percuma saja adanya varian terbaru Proton Saga.

New Proton Saga diakui akan memberikan pengalaman yang lebih mulus dalam hal berkendara yang lebih baik, dan ini semua dikarenakan adanya IAFM (Integrated Air Fuel Module) yang telah ditambahkan pada mesin Campro sehingga menghasilkan performa tinggi dengan konsumsi bahan bakar yang rendah serta tidak meninggalkan tenaga mesin yang handal pada putaran mesin rendah maupun tinggi.

Mesin berkapasitas 1.300 cc ini dapat menghasilkan tenaga hingga 94 hp dengan torsi 120 pada putaran per menit di 4.000, dan tenaga ini terdapat di kedua mesin manual dan otomatis New Proton Saga.

Namun, dengan 94 horse power yang dimilikinya, mobil ini dapat melaju dari titik diam ke 100 km per jam dengan waktu 13 detik untuk mesin manual dan 14.5 detik untuk mesin otomatis. Hasil yang cukup mengagumkan.

Dan kecepatan maksimum yang didapatkan mesin campro 1.3 ltr ini adalah 160 km per jam untuk mesin manual dan 155 km per jam untuk mesin otomatis.

Sangatlah sesuai dengan spesifikasi mesin tergolong baru ini. Sekarang
tinggal Anda yang menentukan apakah kendaraan tersebut sangat cocok untuk kendaraan yang menemani Anda.

(ikh/ddn)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close