Masih Suka Naik Motor Sambil Dengar Musik? Awas Maut Mengancam

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 28 Jul 2021 20:35 WIB
Jl HR Rasuna Said telah kembali diperbaiki. Tidak terlihat lagi ada lubang yang bahayakan pengendara sepeda motor.
Naik motor jangan sambil mendengarkan musik melalui earphone. Berbahaya. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Mendengarkan musik sambil mengendarai sepeda motor menggunakan perangkat earphone mungkin terasa asyik dilakukan. Padahal aktivitas tersebut sangat berbahaya dan mengancam keselamatan jiwa.

Fenomena pengendara sepeda motor sambil mendengarkan musik menggunakan earphone sering dijumpai. Alasannya agar selama perjalanan lebih seru, tidak mudah mengantuk, dan menghilangkan rasa jenuh.

Tapi apapun alasannya, mendengarkan musik sambil berkendara motor adalah hal yang dilarang. Ada sejumlah risiko yang mengintai kamu jika masih nekat melakukan hal tersebut.

Dikutip dari laman Astra Motor, berikut ini sejumlah bahaya yang bisa terjadi jika kamu mendengarkan musik sambil mengendarai sepeda motor:

1. Tingkat Konsentrasi Berkurang

Alasan pengendara sepeda motor yang mendengarkan musik sambil berkendara adalah agar lebih fokus dan santai. Padahal, hal ini tidak berlaku untuk semua pengendara apalagi yang konsentrasinya mudah terganggu.

Alunan dan ritme musik yang diputar bisa membuat pengendara jadi sering kehilangan fokus di jalan. Akhirnya konsentrasi jadi buyar dan risikonya cukup besar, bisa mengganggu pengendara lain atau kamu mengalami kecelakaan.

2. Volume Besar Membuat Sulit Mendengarkan Suasana Jalan

Ketika kamu menggunakan headset, maka pendengaran kamu akan terfokus pada musik yang dimainkan. Lebih bahaya lagi jika kamu sengaja meninggikan volume hingga suara di sekitar tidak terdengar.

Hal ini tentu sangat berbahaya. Bayangkan jika kamu tengah berkendara dengan volume lagu yang tinggi, namun pengendara di belakang tengah memberikan klakson sebagai tanda peringatan dan kamu tidak mendengarnya, tentu berisiko bukan?

Tak jarang, kecelakaan terjadi karena pengendara sepeda motor terlalu fokus mendengarkan musik sehingga tidak bisa mendengar suara pengendara lain di sekitarnya.

3. Kabel Earphone yang Mengganggu

Salah satu kendala ketika mendengarkan musik sambil menggunakan earphone adalah kabel itu sendiri. Earphone memiliki kabel yang panjang, jika tidak menggunakannya dengan tepat kabel tersebut justru bisa mengganggu fokus kamu selama perjalanan.

Bisa saja kabel earphone malah nyangkut di lengan, tangan ataupun leher. Alhasil kamu jadi kesulitan sendiri untuk bisa melepasnya. Risikonya juga cukup besar, kamu bisa kehilangan kendali dan keseimbangan hingga terjatuh.

Meski saat ini sudah hadir earphone bluetooth tanpa kabel, namun tetap saja hal ini berbahaya. Karena masih banyak pengendara yang kesulitan saat mengganti musik melalui earphone, sehingga pengendara jadi gagal fokus ke jalan dan bisa menyebabkan kecelakaan.



Simak Video "Hati-hati! Ini Bahaya Naik Motor Sambil Dengerin Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)