Selasa, 17 Des 2019 15:50 WIB

Lihat Orang Nyebrang Tiba-tiba, Ini yang Harus Dilakukan Pengendara

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Orang yang lagi nyebrang Foto: Grandyos Zafna


Menurutnya, kalau dalam kondisi tidak aman tersebut ketika ada kendaraan lain yang jaraknya terlalu dekat, pengendara punya opsi menghindari objek di depannya. "Perlambat, masuk ke sisi kiri atau sisi kanan penyeberang jalan itu," katanya.



"Contoh, saya nggak bisa melakukan perlambatan karena di belakang ternyata terlihat ada kendaraan yang cukup rapat dengan kita. Saya harus menghindar. Tapi kalau menghindar ke kanan ada mobil juga, apa yang harus saya lakukan? Ambil risiko sekecil mungkin. Mungkin Anda harus nyerempet trotoar, risikonya kecil ketimbang Anda ngerem tapi ditabrak truk dari belakang, atau menabrak mobil di kanan, atau menabrak penyeberang jalan. Paling properti yang rusak, nyawa aman. Strategi matematika ini selalu harus ada di memori pengemudi, ini namanya antisipatif. Kalau dia hanya fokus jalan tahu-tahu ada yang nyebrang dan dia reflek, suka-sukanya saja, spontan, terbang dia ke trotoar. Reflek adalah indikasi dari orang yang tidak punya strategi," ujar Jusri.

"Jadi caranya cek spion, kalau aman baru Anda putuskan manuver, mau ngerem atau menghindar. Karena bisa saja kecepatan lagi 30 km/jam, pelan Anda bisa langsung menghindar, atau kalau dalam kecepatan tinggi, lakukan perlambatan semaksimal mungkin sambil menghindar. Saat sekarang, kendaraan sudah mengakomodir kebutuhan proses tadi, sudah ada ABS. Jadi sambil ngerem kita bisa belokin kendaraan kita," jelasnya.
Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com