Selasa, 03 Des 2019 10:47 WIB

Jangan Biarkan Oli Mesin Kosong

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Masih banyak orang meremehkan pentingnya oli motor bahkan mengabaikan penggantiannya. Lebih parah lagi oli motor tak diisi lagi sampai kering oleh penggunanya.

Kebiasaan seperti ini akan mendatangkan masalah lebih berat pada kantong. Oli mesin perlu diingat tidak hanya melumasi mekanisme mesin tapi juga mendinginkan.



"Oli mesin kering pasti akan ngerusak mesin karena sekedar pelumas juga berfungsi sebagai pendingin. Juga kalau telat isi atau ganti pasti akan rusak mesin," kata Kepala Bengkel Wahana Makmur Sejati Honda, Timbul Suwardy saat ditemui detikcom di diler Wahana, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019).

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa tanpa oli, mesin akan cepat aus. Tak menutup kemungkinan mesin akan jebol dan harus diganti.



"Bisa rusak part dalam mesin berikut part terkait yang harusnya dilumasi dengan oli mesin akhirnya akan aus, semua merusak mesin di dalam sampai crankshaft. Risikonya mahal kalau mesin," imbuh Timbul.

Berikutnya ia mengingatkan bahwa mengganti oli tak perlu harus ke bengkel jika memang tak memiliki waktu dan kesempatan. Mengganti oli saja bisa dilakukan sendiri asal dilakukan dengan benar.
Halaman
1 Tampilkan Semua


Simak Video "Mobil Listrik Tercepat di Dunia Ini Hanya Dibuat 50 Unit"
[Gambas:Video 20detik]

(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com