Selasa, 03 Des 2019 09:29 WIB

Musim Hujan Halangi Ganti Oli di Bengkel? Ganti Sendiri Mudah Kok

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Aris Ginanjar Foto: Aris Ginanjar
Jakarta - Musim hujan adalah musim yang menghalangi berbagai aktivitas para pengguna motor. Bahkan sedikitnya waktu dan ruang gerak di musim hujan menyebabkan perawatan motor di bengkel langganan tertunda.

Jika tak memiliki waktu atau kesempatan tepat untuk ke bengkel akibat terhalang hujan, paling tidak detikers bisa mengganti oli sendiri. Untuk yang belum pernah mencoba simak kiatnya di bawah ini, ya.



Untuk pertama tentu harus memastikan bahwa oli motor memang perlu diganti. Cara ceknya bisa dilihat melalui dipstick seberapa banyak sisa olinya atau untuk beberapa motor baru ada indikator pengingat ganti oli. Pastikan ganti oli berdasarkan buku manual pemilik kendaraan.

"Yang perlu diperhatikan adalah kilometer dan bulannya, memang sudah harus diganti atau belum. Ada yang sering dipakai ada yang jarang digunakan. Karena kalau udah lama walau jarang digunakan tetap perlu diganti," kata Kepala Bengkel Wahana Makmur Sejati Honda, Timbul Suwardy saat ditemui detikcom di diler Wahana, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019).



Jika memang sudah saatnya ganti oli, siapkan oli yang direkomendasikan pabrikan untuk motor Anda. Peralatannya adalah kunci pas sesuai ukuran baut pembuangan oli pada motor, tang untuk membuka tutup lubang pengisian oli motor, wadah untuk penampung oli bekas, dan corong untuk memasukkan oli baru.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mobil Listrik Tercepat di Dunia Ini Hanya Dibuat 50 Unit"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com