ADVERTISEMENT
Jumat, 26 Apr 2019 15:03 WIB

Stay Cool, Begini Cara Tangani Motor yang Terendam Banjir

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Beberapa wilayah di DKI Jakarta terendam banjir. Jika motor turut terendam banjir, tangani dengan baik sehingga masalah tidak merembet ke mana-mana.

Laman Wahana Honda menulis tips tenang menangani motor yang terendam banjir. Yang pertama, pemilik motor harus stay cool alias tenang dan jangan panik. Dengan begitu, Anda bisa menganalisa keadaan motor.



Kemudian cek busi dan keringkan. Motor mogok setelah terendam air pasti ada di bagian busi. Lepas busi menggunakan kunci busi. Keringkan busi dan coba gunakan kick starter tanpa busi menancap pada motor. Lakukan beberapa kali sebelum memasang kembali busi yang sudah kering. Lalu, coba nyalakan mesin.

Eits, belum selesai. Periksa juga saringan udara. Saringan udara ini tak boleh ada rembesan air.



Cek juga bagian knalpot. Bagian pembuangan gas sisa pembakaran mesin itu harus bersih dari air. Caranya, posisikan motor dengan distandar tengah. Posisikan ujung knalpot lebih rendah dari pangkalnya.

Setelah ditemukan penyebab motor mati, silakan panaskan mesin motor. Caranya, gunakan kick starter saat kontak dalam posisi off. Gunakan manual starter atau kick starter beberapa kali, dan nyalakan kontak motor.

Tapi, kalau sudah terdeteksi masalah yang lebih berat, sebaiknya langsung dibawa ke bengkel saja untuk ditangani. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com