Selasa, 23 Okt 2018 13:00 WIB

Biar Nggak Cepat Rusak, Motor Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pengendara motor mengisi bensin di SPBU (Foto: Hasan Alhabshy) Pengendara motor mengisi bensin di SPBU (Foto: Hasan Alhabshy)
Jakarta - Otolovers sebaiknya jangan sampai kelupaan mengisi bensin untuk motor. Soalnya, motor yang sering-sering kehabisan bensin bisa berdampak buruk. Nah disarankan bensin yang ada di tangki tetap dalam kondisi yang cocok.

Wahana Honda melalui laman resminya menyebutkan, membiarkan motor kehabisan bensin bisa berakibat fatal. Membiarkan tangki bensin motor kering berdampak ke beberapa hal.



Yang pertama, tangki motor bisa berkarat kalau bensin sering dibiarkan kosong. Menurut Wahana Honda, tangki yang jarang diisi bahan bakar secara penuh akan gampang karatan.

"Karena di kandungan bahan bakar tersebut juga ada air di dalamnya. Sehingga ketika kering, tangki yang notabene adalah besi ini berpeluang untuk berkarat," tulis Wahana Honda.



Selain berkarat, kotoran akan mengendap dan mengotori bahan bakar. Ketika tangki sudah berkarat, kotoran akan menumpuk dan mengendap di bahan bakar.

Tak cuma berdampak ke tangki, fuel pump juga bisa kena imbasnya. Karena tangki berkarat dan kotor, fuel pump yang bertugas mendistribusikan bensin dari tangki ke mesin bisa tersendat.

Berawal dari tangki berkarat dan kotor, penyakitnya bisa merembet ke injektor atau karburator. Ketika fuel pump sudah terinfeksi oleh kotoran yang mengendap di dalamnya, karburator maupun injektor bisa kena dampaknya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed