Jumat, 12 Okt 2018 17:31 WIB

Jangan Cuma Pakai, Helm Juga Harus Dirawat Biar Nyaman

Luthfi Anshori - detikOto
Cuci Helm Motor. Foto: Luthfi Anshori Cuci Helm Motor. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Helm merupakan perangkat utama saat berkendara motor. Fungsinya jelas vital, yakni untuk melindungi kepala dari benturan ketika terjadi insiden kecelakaan.

Tapi jangan hanya bisa memakainya ya Otolovers. Helm juga perlu dirawat, minimal dicuci ketika bagian dalam helm sudah dirasa kotor dan menimbulkan bau.

"Memang nggak ada ketentuan pastinya kapan waktu yang pas mencuci helm, tapi jika helm udah bau dan nggak nyaman dipakai karena sisa keringat yang menempel, helm tandanya sudah harus dibersihkan," ujar Yitno, dari Cuci Helm Banjour, Palmerah, Jakarta Barat, kepada detikOto, Jumat (12/10/2018).



Cara mencucinya bisa dibilang gampang-gampang susah. Kalau Otolovers termasuk orang yang suka merawat barang milik sendiri, tidak ada salahnya meluangkan waktu mencuci helm kesayangan.

Untuk mencucinya, pertama-tama lepas dulu visor helm. Bagian ini bisa dibersihkan lebih dulu dengan cara membalurkan sabun cair ke sekujur visor. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain microfiber.

Selanjutnya, lepas bagian padding (busa dalam) helm, dan guyur dengan air bersih yang mengalir tanpa harus merendamnya. Jika padding kotor, sebaiknya gunakan sabun cuci cair untuk menghilangkan nodanya. Jangan lupa gunakan juga sikat yang halus agar kain padding tidak rusak.



Jika proses mencuci sudah selesai, jemur padding di bawah sinar matahari atau bisa juga dengan mengandalkan kipas angin. Ohiya, untuk batok helm, bisa dicuci dengan air bersih atau cukup dilap menggunakan kain basah.

Jika sudah kering, pasang kembali padding dan visor ke batok helm. Agar lebih nyaman, bisa juga semprotkan pewangi khusus helm ke dalam padding. Helm pun siap digunakan.

Gimana, mudah kan Otolovers? (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed