ADVERTISEMENT
Senin, 29 Jun 2015 15:46 WIB

Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Berikut Ini!

Aditya Maulana - detikOto
Jakarta - Meski banyak institusi yang memberikan program mudik bareng menggunakan moda transportasi yang lebih aman dan nyaman, tapi tidak bisa dipungkiri kalau masih banyak masyarakat yang melakukan mudik ke kampung halamannya menggunakan sepeda motor.

Jika Anda terpaksa mudik menggunakan sepeda motor, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini. Menurut General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Wedijanto Widarso selain sepeda motor, pengemudinya juga harus memiliki kondisi badan yang fit.

"Karena akan melakukan perjalanan jarak jauh maka kondisi pengendaranya juga harus fit," ujar Wedijanto saat berbicang dengan detikOto.

googletag.defineOutOfPageSlot('/4905536/detik_desktop/oto/parallax_detail', 'div-gpt-ad-1558277787290-0').addService(googletag.pubads());
Selain kondisi pengendara, yang tak kalah pentingnya adalah kondisi sepeda motornya itu sendiri. Menurut pria yang akrab disapa Wedi, kondisi motor Anda diharuskan prima agar selama diperjalanan tetap aman dan nyaman.

Lalu bagaimana membuat motor itu bisa aman dan nyaman selama di perjalanan?

Wedi menuturkan, pertama harus rajin melakukan servis baik ke bengkel umum atau ke bengkel resmi (AHASS). Jika ke AHASS maka nanti ada mekanik yang akan memberikan informasi tentang kondisi motor Anda. Jika ada yang harus diganti, maka akan diinformasikan.

Jika mudik dengan jarak jauh, hindari menggunakan ban yang sudah gundul, begitu juga sistem pengereman, kelitrikan harus dicek ulang agar semuanya berjalan dengan lancar.

Begitu juga dengan filter udara, busi, ijektor dan jika sepeda motor yang masih menggunakan karburator harus dibersihkan dan diatur ulang agar normal pada biasanya.

"Setelah sampai di kota tujuan misalkan di Jogja sejauh 580 km, tidak perlu diservis lagi. Anda baru servis jika batas servisnya sudah pada waktunya. Intinya sampai batas servisnya habis saja baru melakukan servis lagi, sekarang kita perpanjang jadi 4.000 km, tadinya di 2.000 tapi sekarang kita perpanjang," pungkasnya.

Sementara itu menyambut Ramadan 2015, diler utama motor Honda di DKI Jakarta dan Tangerang menggelar beragam kegiatan keagamaan mulai dari khataman Al Quran, wakaf Al Quran, service gratis 150 motor Honda hingga lomba-lomba.

Safari Ramadan Honda 2015 digelar di sebelas titik yaitu di Lapangan PWS Tigaraksa, Tangerang (27/06), Citra Raya Tangerang (28/06), Kemayoran Jakarta Pusat (04/07), GOR Ciracas Jakarta Timur (05/07), Ciledug (20/06), dan 7 titik yang serempak berjalan pada 20-21 Juni di Ciganjur, Kembangan, Koja, BSD Tangerang, Pamulang, dan Kabupaten Tangerang.

“Kegiatan tahunan ini merupakan sarana menyambut Ramadan bagi konsumen motor Honda dan masyarakat Muslim,” papar Head of Marketing Communication WMS, Andra Friandana.

Bagi konsumen yang menghadiri Safari Ramadan, WMS turut mengadakan service gratis dan safety check untuk semua tipe sepeda motor Honda.

Tidak hanya tingkat regional, kegiatan yang didukung oleh PT Astra Honda Motor ini juga berlangsung di 1.600 lokasi di seluruh Indonesia dengan target 20.000 wakaf Al-Quran dari pengunjung yang melakukan test ride sepeda motor Honda.

Untuk tingkat nasional, pengunjung yang melakukan pembelian motor Honda tipe matic di lokasi event berkesempatan untuk mendapatkan 10 paket umrah gratis.

“Dalam kegiatan ini kami memberikan kesempatan umrah kepada pembeli motor Honda tipe matik,” jelas Ario, Head of Marketing WMS.

(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com