Jumat, 27 Mar 2020 14:33 WIB

Kabin Mobil Disemprot Disinfektan, Boleh atau Tidak?

M Luthfi Andika - detikOto
Kendaraan Umum di Amerika Disemprot Disinfektan Ilustrasi penyemprotan disinfektan dalam mobil (Pool: Internet)
Jakarta -

Pandemi virus corona atau covid-19 membuat masyarakat lebih giat menjaga kebersihan, termasuk untuk urusan mobil. Ramai semprot disinfektan, bolehkan bahan kimia itu dipakai di mobil?

Kekhawatiran menyemprotkan isinfektan pada interior mobil terbilang wajar. Soalnya, disinfektan mengandung berbagai bahan kimia. Ada kekhawatiran disinfektan bisa merusak interior mobil

SugiartoOngko dari Scuto Indonesia menjelaskan penggunaan diskinfektan dalam mobil boleh dilakukan dan tidak berbahaya.

"Aman saja, asalkan jangan keseringan. Saya membersihkan sendiri mobil saya menggunakan disinfektan. Tapi kalau dipakai terus menerus ya bisa kering. Apapun yang baik, kalau terus menerus itu bisa merusak," ujar Sugiarto.

Sugiarto memberi tips bagaimana disinfektan sebaiknya disemprotkan di dalam mobil. Penyemprotan tak perlu terlalu lama, cukup 15 untuk menghilangkan bakteri dan virus.

"Untuk proses pengerjaan pun tidak sulit, pelanggan cukup datang, selanjutnya tim pembersih akan melakukan penyemprotan disinfektan pada interior kendaraan sekitar 15 - 30 menit. Tim Scuto memiliki standar khusus dalam melakukan program ini," ujar Sugiarto.

"Agar lebih optimal dalam penyemprotan disinfektan, teknisi akan melakukan penyemprotan secara bertahap. Selain itu, pengerjaan pun akan lebih fokus pada bagian-bagian yang rawan tempat berkumpulnya virus, bakteri dan kuman. Seperti pada handle pintu, karet-karet peredam pintu dan bagian lainnya," tambahnya.


Tekan Penularan Corona, Scuto Gelar #ScutoPeduli

Sebagai bentuk kepedulian sesama manusia, Scuto Indonesia menggelar #ScutoPeduli. Program ini digelar untuk seluruh pengendara, yang ingin mobilnya disemprot disinfektan agar terhindar virus corona.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com