Kamis, 27 Feb 2020 09:46 WIB

Nyalip Aman Tanpa Tersambar Truk, Ini Tips dari Sopirnya

Ridwan Arifin - detikOto
Aktivitas truk kontainer di Jakarta Utara kembali beroperasi. Kini truk-truk tersebut sudah memenuhi jalan di kawasan Tanjung Priok. Truk memiliki blind spot, yaitu area yang tidak terlihat oleh sopir truk. Hati-hati saat menyalip truk! Foto: Pradita Utama

Pengemudi sopir truk lainnya, Achmad Darwilis dari PT Pertamina Patra Niaga mengimbau agar pengendara lain memberikan sinyal terlebih dulu bila hendak mendahului. Seperti klakson dan juga lampu sein.

"Sebelum melakukan overtaking, kasih kode tersebut, jangan setelah mendahului baru mereka klakson, jadinya kami tetap waspada," ujar Achmad dalam kesempatan yang sama.

"Kalau di depan tidak memungkinkan untuk menyalip, biasanya kami kasih sein ke kanan. Kalau kondisinya aman, biasanya kami kasih sein kiri atau menurunkan kecepatan supaya mereka bisa mendahului," jelas dia.

Namun sebelum menyalip, hal lain yang perlu diperhatikan ialah blind spot. Hal termudah yang bisa dilakukan adalah melalui spion truk. Bila kepala pengemudi truk terlihat dari kaca spion truk. Ini menandakan posisi motor tidak berada di titik buta bodi truk.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Mode Berkendara yang Bikin VW Tiguan Ungguli SUV Lain"
[Gambas:Video 20detik]

(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com