ADVERTISEMENT
Sabtu, 11 Mei 2019 07:15 WIB

Persiapan Mudik Lebaran, Jangan Cuma Perhatikan Kondisi Kendaraan

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Ruly Kurniawan Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Dalam beberapa minggu ke depan, sebagian besar masyarakat Indonesia akan melaksanakan tradisi mudik lebaran. Bagi yang membawa mobil pribadi, mengecek kondisi fisik kendaraan menjadi hal yang wajib dilakukan supaya mobil tidak mengalami kendala di jalan.

Tapi jangan cuma memeriksa dan menyervis kendaraan saja ya detikers. Pengemudi dan calon penumpang juga wajib mempersiapkan diri agar mampu beradaptasi menempuh perjalanan panjang yang bisa memakan waktu belasan jam.



Dijelaskan Head Product Improvement/ EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi, pengemudi dan penumpang wajib menjaga kondisi fisik sejak merencanakan perjalanan.

"Sebab mudik itu kan memang perjalanan yang panjang ya. Orangnya juga harus dipersiapkan. Artinya dia juga harus prepare kondisi fisik. Jangan sampai berangkat mudik, tanpa istirahat yang cukup," kata Bambang, di Head Office Astra Daihatsu Motor, Sunter, Jakarta Utara.

Tak hanya pengemudi, anggota keluarga yang dibawa juga harus dipersiapkan kebutuhannya. "Misalnya bawa anak-anak. Harus diperhatikan juga kesukaan dia, entah dibawakan mainan favorit atau lainnya. Karena perjalanan 6 jam atau belasan jam, anak-anak bisa rewel. Karena sekali anak rewel, maka psikis sopir akan ikut capek juga," katanya.

Bambang juga menghimbau agar pemudik segera menepi untuk beristirahat jika kondisi sudah lelah. "Biasanya kalau motor itu setiap dua jam berhenti, kalau mobil, maksimal setiap empat jam dia harus berhenti," terang Bambang.



Perlu juga diperhatikan bagi para pemudik, saat memutuskan menepi untuk beristirahat, usahakan pilih tempat yang aman. Entah di rest area, masjid, atau SPBU. Dan jangan sekali-sekali beristirahat atau tidur di pinggir jalan dengan kondisi mesin mobil hidup, ruang yang tertutup rapat, dan AC yang menyala. Sebab gas berbahaya CO bisa saja masuk ke kabin dan membahayakan keselamatan penumpang di mobil. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com