ADVERTISEMENT
Selasa, 22 Jan 2019 12:23 WIB

Berkendara di Jalan Tol Rusak, Perhatikan Ini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jalan retak. Foto: Robby Bernardi Jalan retak. Foto: Robby Bernardi
Jakarta - Akhir-akhir ini ramai diberitakan soal kerusakan jalan tol di beberapa titik. Yang menghebohkan adalah jalan tol yang baru diresmikan tetapi sudah rusak. Pengendara yang melewati jalan rusak pun perlu berhati-hati agar tidak terjadi kecelakaan yang membahayakan.

Andry Berlianto, instruktur dari Rifat Drive Labs memberikan tips berkendara aman melintasi jalan rusak. Pertama, cari tahu jalan yang ingin dilalui.

"Menyimak berita terkini soal jalur yang akan dilalui apakah masih dalam kondisi yang relatif aman atau tidak. Jika tidak aman tentunya hindari ruas jalan tersebut," katanya saat ditanyakan detikOto seputar tips melalui jalan yang rusak.



Jalanan rusak tentunya bisa membahayakan pengendara. Apalagi ketika kendaraan sedang digeber dalam kecepatan tinggi dan melintas jalan rusak, keseimbangan bisa terganggu.

"Jaga kecepatan sepanjang jalan untuk antisipasi berbagai macam kondisi jalan, jalan yang rusak atau bergelombang menimbulkan potensi kendaraan berubah arah gerakan (oleng)," ujar Andry.




Kata Andry, pengendara sebaiknya jaga pandangan jauh ke depan. Titik-titik kerusakan jalan biasanya sudah dipasangi peringatan agar pengemudi lebih waspada.

"Pantau sekeliling saat ingin bermanuver, misalnya pindah lajur (untuk menghindari jalan rusak)," sebutnya.



Bersikaplah tenang saat melintasi permukaan yang relatif berbahaya dan antisipasi dengan pandangan jauh ke depan. Jaga jarak antar-kendaraan 2-3 detik untuk menyiapkan waktu antisipasi jika ada gerakan mendadak dari kendaraan lain.

"Dalam kondisi buruk (hujan, angin) turunkan kecepatan karena jalanan rusak menyimpan bahaya-bahaya tersendiri seperti akan ada efek licin hingga lubang tergenang air. Ikuti batas kecepatan yang dianjurkan saat melintas di jalur bebas hambatan," pungkasnya.



Simak juga video 'Fondasi Longsor, Tol Pemalang-Batang KM 321 Retak':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com