Jumat, 09 Nov 2018 17:07 WIB

Musim Hujan Datang, Periksa Kondisi Ban

Rizki Pratama - detikOto
Berkendara di musim hujan. Foto: detikFoto Berkendara di musim hujan. Foto: detikFoto
Jakarta - Jangan biarkan hujan menghambat aktivitas Anda sehari-hari. Kondisi mobil yang baik menjadi kunci utama dalam menghadapi musim yang curah hujannya banyak ini. Kondisi kendaraan yang buruk saat hujan memperbesar risiko terjadinya kecelakaan fatal di lalu lintas.

"Pastikan kendaraan dalam keadaan baik atau laik jalan dari potensi gangguan akibat kelembaban, basah hingga saat terkena genangan air," ujar Instruktur Rifar Drive Labs, Andry Berlianto yang dihubungi detikOto.



Berbicara mengenai kendali atau handling sebuah kendaraan tentu tidak bisa dilepaskan dari daya cengkeram ban terhadap permukaan jalan yang basah. Ban yang baik adalah ban yang tidak dalam kondisi gundul agar mampu menguasai kondisi jalan.

"Pastikan ban kendaraan dalam kondisi optimal yaitu masih memiliki daya cengkeram yang baik dan tidak dalam kondisi gundul plus tekanan yang sesuai kondisi," tambah Andry.

Selain itu pengambilan keputusan dalam berkendara saat hujan juga menjadi penentu dalam menghindari kecelakaan pada saat menerjang jalan yang basah. Andry menyarankan pengendara mobil untuk meningkatkan jarak aman antar-kendaraan lebih jauh daripada pada saat kondisi jalan kering.



"Kurangi kecepatan dan selalu jaga jarak antar-kendaraan, jika dalam kondisi normal jarak aman adalah 2 detik maka saat hujan bisa digandakan karena adanya potensi pengereman yang butuh ruang yang cukup."

Menjaga jarak aman akan memberikan waktu untuk pengemudi menguasai kendali saat melakukan pengereman di jalanan yang basah. "Semakin cepat kendaraan melaju saat hujan maka recovery saat masuk dalam keadaan darurat menjadi lebih sulit, oleh karena itu meningkatkan jarak aman akan memberikan waktu lebih bagi pengemudi," pungkas Andry. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed