Jumat, 31 Agu 2018 07:48 WIB

Tidak Ada Ban Kedaluwarsa, 8 Tahun Juga Boleh Dipakai

Ridwan Arifin - detikOto
Ban Goodyear (Foto: Dadan Kuswaraharja) Ban Goodyear (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Jakarta - Nampaknya tidak sedikit orang yang menganggap ban memiliki masa kedaluwarsa seperti makanan. Instruktur Defensive Driving Sentul Driving Course, Rudy Novianto meluruskan tidak ada istilah kedaluwarsa pada ban, malah ban sendiri bisa digunakan hingga 8 tahun dengan ketentuan yang harus diperhatikan.

"Kalau bicara kedaluwarsa ini perlu diluruskan, ban itu bukan seperti konsumsi yang kita makan, jadi 'tidak ada basinya', yang ada adalah seberapa besar mereka deformasi, atau berubah dari struktur kimia karetnya, kompon, sama daya cengkeram bannya, atau lebih padat," ucap Rudy.



Pengendara sebaiknya melakukan cek rutin agar menjaga keawetan ban seperti menjaga tekanan angin, dan mengecek ban sebelum memasuki masa pensiun dengan melihat tanda Tread Wear Indicator (TWI) atau indikator keausan ban. Selain itu ban yang sudah tidak layak jalan bisa dilihat dari tampilan fisiknya.

"Bilamana ban itu tidak terlihat retak-retak pinggirannya kayak tanah kering secara visual atau bocel, terkelupas, sebenarnya aman-aman dipakai 5 sampai 8 tahun, masih bisa," tutur Rudy.

"Tetapi juga tergantung pemakaian, seberapa tekanan anginnya terjaga, kalau sering under inflation pasti akan cepat juga digantinya," tambah Rudy.

Untuk diketahui, under inflation itu salah cirinya kondisi ban sering mengalami 'kurang angin' sehingga menyebabkan beban kendaraan semakin berat yang berakibat borosnya konsumsi bahan bakar.



Rudi juga menyarankan agar membeli ban yang masih baru dan tidak lama terpajang untuk mendapatkan keawetan lebih lama. "Untuk menjamin bahwa perubahan struktur kimia komponnya itu masih lama kita alami, tentu semakin fresh barangnya semakin jauh juga kondisi berubahnya," ungkapnya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed