Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 24 November 2017, 14:43 WIB

Drive With Rifat

Cara Kerja Fitur Lane Departure Warning System

Rifat Sungkar - detikOto
Cara Kerja Fitur Lane Departure Warning System Foto: Newspress
Jakarta - Lane Departure Warning System (LDWS) adalah satu dari sekian banyak fitur keselamatan canggih yang terdapat pada mobil-mobil keluaran baru. Namun mungkin, beberapa dari Anda belum mengetahui bagaimana cara kerja dari LDWS ini.

Lane Departure Warning System adalah sebuah sensor yang pada umumnya diletakkan di bagian kaca spion, baik samping maupun tengah, dan berbentuk seperti radar.

Lane Departure Warning SystemFoto: Dadan Kuswaraharja


Radar ini adalah sebuah alat bantu keselamatan yang bisa mendeteksi beberapa hal, misalnya ketika kita lalai atau mengantuk dan mobil kita berubah jalur secara tiba-tiba, atau juga radar ini bisa mendeteksi adanya kendaraan di samping kiri atau kanan yang bisa membahayakan posisi mobil kita.

Lane Departure Warning SystemFoto: Newspress


Radar dengan sensor ini, memiliki sistem pengingat yang berbeda-beda. LDWS ini dibekali dengan sistem pengingat bagi pengendara yang lalai.

Peringatan di spion pojok atasPeringatan di spion pojok atas Foto: Rangga Rahadiansyah



Ada beberapa tanda yang dihasilkan oleh LDWS, biasanya ada lampu di kaca spion yang menyala jika Anda berada atau hendak
melakukan manuver ke jalur lain yang dianggap tidak aman atau dapat membahayakan.

Selain lampu, biasanya sensor juga berintegrasi mengeluarkan bunyi-bunyian semacam alarm, namun tergantung dari jenis mobilnya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +