ADVERTISEMENT
Jumat, 19 Des 2014 19:02 WIB

Ini Kesalahan Menyalakan Lampu Mobil Saat Hujan

- detikOto
Jakarta - Pada saat musim hujan seperti saat ini, peran lampu mobil, mulai dari lampu utama, sein, hingga lampu kabut sangat dibutuhkan. Hanya, kalau penggunaannya tidak tepat baik dari sisi waktu, maksud, maupun tempat nya justru menimbulkan masalah.

"Karena tidak jarang kita menemukan orang yang menyalakan lampu tidak tepat saat hujan mengguyur deras. Sehingga selain orang lain terganggu, juga bisa memicu kecelakaan," tutur Pimpinan Edwin Mobilindo, Winarno yang juga penggiat safety driving saat dihubungi detikOto di Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Namun, meski kerap mengundang bahaya, banyak orang yang tidak menyadarinya. Bahkan mereka menganggapnya tidak ada yang salah dengan penggunaan lampu mobil mereka. Lantas seperti apa penggunaan lampu yang sesuai etika itu? Berikut penjelasan Winarno:

1. Jangan menyalakan lampu utama dengan intensitas tinggi

Biasanya, sesaat setelah hujan mengguyur, banyak pengguna mobil dengan serta merta menyalakan lampu utama mobilnya. Hal itu bermaksud agar bisa dengan jelas melihat kondisi jalan di depannya sekaligus memberi tanda bagi pengguna kendaraan lain.

Namun jika intensitas cahaya yang berlebihan, dan menyalakan lampu jarak jauh justeru akan mengundang bahaya. Soalnya, pengguna jalan lain akan silau dan pandangan mereka terganggu. Oleh karena itu gunakan lampu dengan itensitas cahaya yang tak menyilaukan dan untuk jarak yang tepat.

2. Menyalakan lampu hazard untuk tujuan yang tepat

Kebiasaan tak tepat lainnya yang juga kerap dilakukan orang di saat hujan turun adalah menyalakan lampu hazard. Meski bermaksud baik, namun cara itu tidak tepat.

Soalnya, dengan menyalakan lampu hazard, pengguna kendaraan lain di depan maupun di belakang mobil itu, tidak akan mengetahui jika mobil itu akan berbelok. Mereka juga akan was-was untuk mendahului mobil itu karena tidak tahu apakah mobil akan lurus atau berbelok sewaktu-waktu.

3. Tidak terlalu cepat dan terlambat menyalakan lampu sein

Kebiasaan yang tak patut dalam menyalakan lampu saat hujan tiba adalah, menyalakan lampu sein dengan cepat sebelum berbelok. Sebab, pengguna kendaraan lain akan ragu-ragu untuk mendahului atau menunggu mobil, padahal masih lama untuk berbelok. Sehingga mereka tak nyaman.

Begitu pun dengan menyalakan lampu sein mendadak. Tak sedikit pengemudi mobil yang baru menyalakan lampu sein secara mendadak, karena jarak dari tempatnya berbelok hanya sejengkal. Kondisi itu membuat pengendara kendaraan lain mengerem tiba-tiba.

(arf/ady)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com