Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 17 Juli 2017, 17:44 WIB

Mana Lebih Baik, Suspensi Udara Pabrikan atau Custom

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Mana Lebih Baik, Suspensi Udara Pabrikan atau Custom Mobil modifikasi ceper Foto: BlackAuto Battle
Jakarta -

Suspensi udara atau air suspension, tidak hanya digunakan pada mobil yang dimodifikasi menjadi ceper saja. Pada mobil-mobil tertentu juga sudah disematkan sistem tersebut langsung dari pabrikannya.

Artinya saat ini dipasaran ada pilihan suspensi udara custom dan suspensi udara pabrikan. Tapi kira-kira dari kedua jenis suspensi udara tersebut, mana yang lebih bagus?

"Kalau (suspensi udara) pabrikan emang mobil sudah ada air sus-nya, itu lebih canggih, karena kalau dari pabrikan itu biasanya lebih lengkap untuk pengaturan air sus-nya," ujar Pemilik Bengkel Jaya Spring, Midun, kepada detikOto, di Jalan H. Nawi, Radio Dalam, Jakarta, Senin (10/7/2017).

Sedangkan untuk suspensi udara custom, kata midun kurang begitu lengkap, hanya bisa naik turun saja. "Paling ada modifikasi pakai remot, pakai aplikasi handphone, itu cuma naik tuurn aja, penagturan keras empuknya enggak ada," tuturnya.

"Kalau air suspensi pabrikan dia kan tinggi, jadi masih nyaman. Kalau custom kan mereka ngincer pendek," lanjut Midun.

Selain itu, lanjut Midun mengatakan, mobil yang sudah dilengkapi dengan suspensi udara, biasanya terdapat pada mobil yang terbilang premium, baik mobil buatan Eropa, maupun Jepang atau Asia.

"Cuma memang, kalau Eropa itu kan lebih mahal yah, mobilnya aja lebih mahal. Tapi untuk sistemnya sama saja," ucapnya.

Untuk waktu pengerjaannya, jika ingin mengganti suspensi udara membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 hari. Namun pengerjaan bisa lebih cepat jika menggunakan suspensi udara custom namun dari pabrikan.

"Ada yang custom cuma pabrikan, itu masangnya eggak lama, satu hari selesai. Karena tinggal pasang saja. Kalau yang pure custom kan dari tabungnya bikin, dari dudukannya, dari bracketnya bikin, jadi lama," pungkas Midun.

(khi/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed