Senin, 15 Jul 2019 14:16 WIB

Sulitnya Jadi Pengawal Donald Trump Seperti Wanita Berdarah RI Ini

Dina Rayanti - detikOto
Alta Lauren Gunawan. Foto: dok. Youtube Alta Lauren Gunawan. Foto: dok. Youtube
Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Wakil Presiden Mike Pence punya pengawal wanita berdarah Indonesia yang tergabung dalam anggota Motorcade Support Unit, salah satu unit Secret Service AS. Wanita itu adalah Alta Lauren Gunawan. Alta bertugas untuk mengawal sekaligus membuka jalan bagi presiden dan wakil presiden AS saat melintas sembari menunggangi moge Harley-Davidson.

Alta merupakan wanita berusia 30 tahun yang memiliki darah Indonesia dari sang ayah. Kecintaan Alta pada sepeda motor sejak usia 18 tahun berhasil mengantarnya menjadi bagian dari Secret Service AS.


"Saat saya masih duduk di bangku kuliah, semua teman memiliki motor. Dan saya ingin menjadi bagian dari mereka," ungkap Alta dikutip CNN, Senin (15/7/2019).

"Kemudian saya mengambil kursus singkat soal keselamatan dan mulai jatuh cinta dengan motor. Kebebasan saat naik motor tak bisa dibandingkan dengan apapun di dunia," lanjut Alta.

Sulitnya Jadi Pengawal Donald Trump Seperti Wanita Berdarah RI IniFoto: Dok. KBRI


Selain mencintai roda dua, Alta juga memiliki keinginan untuk menjadi anggota kepolisian seperti sang kakek. Hal itulah yang semakin mendorong Alta ingin menjadi bagian dari Secret Service AS.

"Saya tak perlu duduk dari jam 9 pagi hingga 5 sore untuk bekerja. Setiap harinya berbeda. Saya tak pernah tahu akan kemana, dan saya menyukai itu. Bahkan mungkin saja sesuatu yang telah direncanakan berubah tiba-tiba," jelasnya.

Tak mudah bagi Alta hingga akhirnya bisa bergabung dalam Motorcycle Support Unit. Rata-rata mereka yang mengikuti seleksi, hanya 40 persen dinyatakan lulus. Alta pun harus mengalami kegagalan saat pertama kali mengikuti seleksi.

Mereka yang ingin bergabung harus siap mengikuti kursus intensif selama dua minggu berturut-turut.

"Kami mengendarai motor 24 jam seminggu dalam 365 hari di segala kondisi cuaca. Saat kursus tersebut, kami hanya delapan jam di atas motor. Dan sepanjang waktu Anda terus memikirkan, 'kamu harus bisa melakukannya'" kata Alta.


Alta yang hanya memiliki bobot 68 kg menyebut kesulitan terberatnya adalah untuk bermanuver dengan moge Harley yang beratnya hampir 500 kg. Ia bahkan sempat menjatuhkan motor berkali-kali. Tapi itu tak membuat semangat Alta untuk menjadi bagian dari Secret Service AS luntur.

Alta Lauren GunawanAlta Lauren Gunawan Foto: dok. Youtube


"Banyak wanita yang juga mencobanya. Saya pikir masalah terbesarnya adalah saat mengendarai motornya. Ada teknik tersendiri tapi memang dibutuhkan kekuatan ekstra. Banyak juga yang harus didiskualifikasi tak hanya wanita," katanya.


Sulitnya Jadi Pengawal Donald Trump Seperti Wanita Berdarah RI Ini


Simak Video "Ini Alta Gunawan, Wanita Paspampres AS Berdarah Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed