Selasa, 09 Jul 2019 16:00 WIB

Koleksi Mercy Antik di Garasi Rumah ala Mal Milik BJ Habibie

Dina Rayanti - detikOto
Koleksi mobil Mercy antik di rumah BJ Habibie. Foto: Screenshot Youtube Zaskia Adya Mecca Koleksi mobil Mercy antik di rumah BJ Habibie. Foto: Screenshot Youtube Zaskia Adya Mecca
Jakarta - Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam merawat koleksi barang kesayangannya. Tak terkecuali mantan presiden Bacharuddin Jusuf Habibie yang diketahui memiliki cara unik untuk menyimpan puluhan koleksi mobil antik miliknya.

Habibie diketahui menyimpan koleksi mobilnya dalam sebuah garasi yang disulap mirip seperti parkiran mal. Deretan Mercedes-Benz antik tampak terparkir di sana, sesuai dengan garis-garis yang dibuat laiknya sedang parkir di sebuah mal, bukan garasi rumah. Seperti terlihat dalam sebuah video yang diunggah oleh Zaskia Adya Mecca.



Dalam video tersebut, istri sutradara Hanung Bramantyo itu memperlihatkan parkiran di dalam rumah Habibie. Total ada 32 mobil terparkir di sana. Paling banyak terlihat berjejer di sana adalah Mercedes-Benz bermodel klasik meski tak dijelaskan secara detil modelnya.

Tak cuma mobil, Habibie juga memarkir motor gede (moge) antik. Motor diparkir dalam sebuah ruangan yang ditutup oleh kerangkeng tanpa gembok, melainkan sebuah garpu yang diselipkan ke selot.

"Ada 11 motor Harley, eh nggak cuma Harley deh ada Honda, ada Kawasaki ada BMW, yang ini Harley, Harley, Harley," jelas Zaskia dalam video itu.


Habibie memang pernah menceritakan hobinya motoran. Kala itu ia menceritakan pengalamannya ketika membonceng Soeharto di Istana.

"Saya bonceng Pak Harto. Itu Pak Harto tidak mau dibonceng siapa pun karena beliau tidak percaya. Itu sebenarnya menggarisbawahi kalau Pak Harto itu yakin (pada saya). (Dibonceng) Yang lain nggak mau dia. Karena ini interpretasi kepercayaan," cerita Habibie beberapa waktu silam.



Simak Video "Habibie akan Terus Hidup di Layar Lebar"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com