Jumat, 07 Jun 2019 11:43 WIB

Pose Ridwan Kamil Mejeng di Depan Mobil Klasik VW

Ridwan Arifin - detikOto
Ridwan Kamil. Foto: Screenshot Instagram Ridwan Kamil Ridwan Kamil. Foto: Screenshot Instagram Ridwan Kamil
Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau hangat disapa Kang Emil kedapatan berfoto bersama di depan mobil klasik besutan Volkswagen. Bukan VW Beetle atau VW Kodok, melainkan Karmann Ghia tipe 14 jenis Convertible.

Hal ini diketahui melalui akun jejaring sosial Instagram miliknya yang diunggah pada Kamis (06/06/2019) yang disebut mobil itu adalah milik putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz.


"Jalan-jalan naik mobil antik milik Eril. Olehnya dijadikan bisnis sewa mobil pengantin untuk menambah biaya kuliahnya," sepenggal cuitan dalam caption foto seperti dilihat detikcom.

Menarik garis ke belakang Karmann Ghia tipe 14 diproduksi selama 19 tahun, masa pakai yang cukup lama untuk model mobil klasik yang luar biasa tersebut.

Karmann Ghia menggabungkan sasis dan mekanik dari Tipe 1 (beetle) dengan gaya oleh Carrozzerria Ghia Italia dan bodywork buatan tangan oleh Karmann.

Karena garis organik khas Karmann Ghia, butuh hampir dua tahun untuk mendapatkan mobil dalam produksi massal. Persiapan produksi ini dibuat dalam kerja sama erat antara Perusahaan Karmann dan Volkswagen.

Presentasi sebenarnya dari model produksi kepada publik adalah pada tahun 1955.

Produksi mobil dimulai pada bulan Agustus 1955. Model pertama memiliki 30HP flat berpendingin udara 4-silinder, mesin diambil dari model Beetle. Basis mobil itu adalah basis Volkswagen Beetle yang dimodifikasi tempat pengerjaan body Karmann Ghia.


Pada tahun 1956 Karmann Ghia ke-10.000 diproduksi pada 22 Oktober 1956. Ini hanya 14 bulan setelah diperkenalkan pada tahun 1955.

Pada tahun 1957, Karmann Ghia convertible diperkenalkan di International Motor Show ke-38 di Frankfurt dan produksinya dimulai pada tanggal 1 November tahun itu.

Selama masa produksinya, desainnya sedikit berubah seiring berjalannya waktu, sebagian besar karena perubahan tuntutan keamanan. Produksi Karmann Ghia tipe 14 berakhir pada tanggal 31 Juli 1974.

[Gambas:Instagram]

(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed