ADVERTISEMENT
Senin, 14 Jul 2014 09:45 WIB

Desainer Tersohor Toyota Pindah ke Yamaha

- detikOto
dok Toyota dok Toyota
Jakarta - Desainer terkenal Toyota Akihiro Nagaya yang menjadi kunci keberhasilan beberapa model baru Toyota dan Lexus kini berlabuh ke industri lain yakni roda 2. Dia kini berada di Yamaha, perusahaan yang masih terafiliasi dengan Toyota.

Di Yamaha, Nagaya menjabat sebagai Design General Manager dan efektif bekerja di Yamaha pada 1 Juli lalu.

'Transfer' Nagaya yang akrab dipanggil 'Dezi' dari Toyota ke Yamaha ini pun ramai di beberapa situs otomotis, sebut saja seperti autonews, dan just-auto.

googletag.defineOutOfPageSlot('/4905536/detik_desktop/oto/parallax_detail', 'div-gpt-ad-1558277787290-0').addService(googletag.pubads());
Di Toyota, Nagaya menjabat sebagai Eksekutif Desain Toyota Motor Corporation (TMC) dan GM Pengembangan Merek Lexus.

Di perusahaan berlogo 3 elips itu Nagaya terkenal dengan karya-karyanya yaitu generasi pertama sampai ketiga Lexus LS, generasi kedua dan ketiga Lexus GS serta generasi kedua Toyota Prius.

Pria berusia 53 tahun itu, selalu tertantang menciptakan desain baru pada mobil-mobil Toyota dan Lexus. Dengan kinerja dia selama ini wajar dia sempat menjabat sebagai Presiden Tecno Art Research, rumah desain di bawah naungan TMC dan menghasilkan karya Lexus RC-F.

Selama ini, Yamaha memanfaatkan rumah desain GK Desain Group di Tokyo, Jepang. Perusahaan ini sebagai penyuplai desain untuk produk-produk baru seperti motor, kapal, kursi roda, kendaraan rekreasi, motor tempel dan ATV.

"GK Desain telah bekerja untuk Yamaha dengan kontrak untuk waktu yang sangat lama. Kini Yamaha memikirkan pentingnya desain sebagai bagian inti perusahaan, karena itu mereka memutuskan untuk membuat sebuah pusat desain sendiri," tegas Nagaya.

Sekedar informasi Toyota telah memiliki 5 persen saham Yamaha sejak 2000 dan sebaliknya, Yamaha juga memiliki sebagian kecil dari saham produsen mobil terbesar asal Jepang itu. Yamaha dan Toyota telah bekerja sama menggasilkan 2000GT, MR2, Celica, dan termasuk mobil sport Lexus LFA.

November tahun lalu, Toyota dan Yamaha pun berkolaborasi menggarap kendaraan pribadi generasi selanjutnya.

"Meski Yamaha belum pernah berkolaborasi dengan Toyota dalam hal penggarapan desain, di masa depan mungkin saja terjadi," uja Nagaya di autonews.



(ikh/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com