Rabu, 15 Mei 2019 16:06 WIB

Menteri PUPR Disebut Pejabat Sederhana, Ini Dua Koleksi Mobilnya

Ridwan Arifin - detikOto
Foto ilustrasi koleksi mobil Basuki Hadimuljono (Foto: Andhika Akbarayansyah) Foto ilustrasi koleksi mobil Basuki Hadimuljono (Foto: Andhika Akbarayansyah)
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tengah menjadi sorotan, setelah Mahfud MD mencuit tentang penggusuran rumahnya untuk proyek jalan tol.

"Menarik, rumah pribadi Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono di Bekasi akan digusur utk proyek jalan tol. Padahal dialah yg menjadi pimpinan pembuatan jalan. Dulu diberitakan ada pejabat daerah yg membelokkan rencana jalan tol agar tak melewati tanah pribadinya. Hormat utk Pak Basuki," cuit Mahfud MD melalui akun jejaring sosial twitternya, Rabu (15/05/2019).



Mantan Ketua MK ini kemudian mengisahkan bahwa sosok Basuki merupakan orang yang memiliki gaya hidup sederhana.

"Saat berbuka bersama di rumdin (rumah dinas) Men-PUPR kmrn sore sy dpt cerita dari teman2-nya betapa sederhananya gaya hidup Pak Basuki. Sejak mhs dulu, trmasuk saat studi di USA, ibadahnya kenceng, termasuk rajin salat tajajjud utk selalu bermunajat kpd Allah. Dia adl pejabat yg rendah hati," jelas Mahfud.

Menariknya, Menteri yang berusia 64 tahun ini juga diketahui tidak terlalu gemar mengkoleksi mobil mewah. Hal ini diketahui melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada tahun 2014. Bila ditotal harganya, koleksi mobil Basuki Hadimuljono sejumlah Rp 428,6 juta.



Pertama, Menteri PUPR ini memiliki Honda Accord lansiran tahun 2006 yang diperolehnya pada tahun 2010. Pada tanggal pelaporan di tahun 2014, mobil ini ditaksir harganya mencapai Rp 295 juta.

Kedua, mobil bergaya hatchback merk Toyota Yaris, tahun pembuatan 2012, yang berasal dari hibah, perolehan tahun 2012. Saat pelaporan harta mobil ini ditaksir harganya Rp 133,6 juta.

[Gambas:Video 20detik]




(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed