Kamis, 16 Nov 2017 13:17 WIB

Setya Novanto, Dulu Sopir Kini Disopiri

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Setya Novanto duduk di belakang mobil mewah (Foto: Agung Pambudhy) Setya Novanto duduk di belakang mobil mewah (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Nama Setya Novanto kini menjadi perbincangan banyak orang. Ketua DPR yang juga tersangka korupsi e-KTP menghilang saat KPK menyambangi kediamannya.

Di luar kasus itu, ada cerita menarik dalam kehidupan Novanto. Ketua DPR itu dulu pernah menjadi sopir.

Hal itu disebutkan Novanto dalam pidatonya di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumatera Barat, Pariaman, Maret 2017 lalu. Channel Youtube Setya Novanto TV menayangkan video berjudul 'Kisah Hidup Setya Novanto: Dari Supir Menjadi Ketua DPR RI'.

"Saya ceritakan pengalaman saya, kehidupan saya waktu mahasiswa seperti adik-adik. Jadi kalau saya lihat bahwa banyak adik-adik yang sekarang sangat berbahagia, sekolah, kuliah dengan baik. Waktu zaman saya, rupanya sangat sulit sekali. Jadi saya pernah menjadi sopir, saya pernah menjadi pembantu rumah tangga, itu tidak lain supaya saya bisa mengumpulkan uang," kata Novanto di hadapan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumatera Barat.

"Jam 4 pagi, saya bangun pagi. Saya harus jual-beli beras. Jadi setelah saya jual-beli beras, hasilnya untuk kuliah. Kalau pagi jam 6 saya mengantar sekolah anak-anaknya, supaya saya nggak bayar kos. Setelah itu saya biasa cuci sampai ngepel, jadi pembantu, pokoknya gimana saya bisa sekolah dengan baik," sambungnya.

"Jadi banyak hal yang kita tidak yakin bahwa kita kadang-kadang, 'Wah saya keluarga tak mampu mana bisa.' Lihatlah saya, saya dari sopir, dari pembantu bisa menjadi ketua DPR Republik Indonesia," kisah Novanto.

[Gambas:Youtube]



Kini, Novanto sebagai Ketua DPR RI lebih sering disopiri. Dia biasanya menggunakan mobil dinas Lexus LS450 berpelat RI 6.

Mobilnya pun tak hanya satu. Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), daftar kendaraan yang dimiliki Novanto antara lain Toyota Alphard tahun 2011, Toyota Vellfire 2013, Jeep Commander tahun 2007, mobil merek Mitsubishi tahun 2009, Toyota Camry buatan 2007.




Beberapa waktu lalu, Novanto juga pernah membuat heboh Gedung DPR dengan datang menggunakan mobil Jaguar XJ. Saat itu, Jaguar XJ yang ditumpangi Novanto juga mengenakan pelat RI 6. Ternyata, mobil Jaguar XJL berpelat RI 6 itu adalah milik anak Novanto karena mobil dinasnya sedang di bengkel. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Mobil Korea Lebih Baik dari Mobil Jepang?

    Mobil Korea Lebih Baik dari Mobil Jepang?

    Jumat, 20 Jul 2018 18:23 WIB
    Meski mendominasi di Tanah Air, namun masih ada yang meragukan kualitas mobil Jepang. Bahkan disebut-sebut masih lebih baik mobil Korea daripada mobil Jepang.
  • Yamaha Scorpio Berbaju Scrambler

    Yamaha Scorpio Berbaju Scrambler

    Jumat, 20 Jul 2018 18:01 WIB
    Siapa bilang modifikasi hanya demi kepuasan diri, ini tidak berlaku untuk Prandananta S atau Bagong rider, yang permak abis Yamaha Scorpio 2014 miliknya.
  • Karimun Kotak Disulap ala Jepang

    Karimun Kotak Disulap ala Jepang

    Jumat, 20 Jul 2018 16:13 WIB
    Konsep modifikasi memang banyak pilihannya, mulai dari yang sederhana hingga ekstrem. Kalau yang ini, konsep modifikasi Japan Domestic Market (JDM).