Ototest

Uji Coba Honda Jazz Killer: City Hatchback RS

team DetikOto - detikOto
Kamis, 06 Mei 2021 09:46 WIB

5. Merasakan si Pengganti Honda Jazz di Atas Aspal

Nah sekarang giliran detikOto menguji bagaimana sih performa Honda City Hatchback RS. Sebelum detikOto tancap gas, ga asyik rasanya jika tidak mencoba semua fitur yang ditawarkan.

Benar saja semua fitur yang ditawarkan Honda City Hatchback RS ini bisa dikatakan sangat fungsional, artinya fitur yang diberikan semuanya bermanfaat dan sangat memudahkan pengendara dalam berkendara. Diawali dari start stop engine hingga penggunaan aplikasi Android Auto dan dan Apple CarPlay sangat mudah digunakan.

Akhirnya detikOto mulai menguji mobil Honda City Hatchback RS. Saat pertama kali menghidupkan mesin, hampir sama sekali tidak terasa getaran atau suara deru mesin dalam kabin.

Akhirnya detikOto mulai memasuk ke dalam transmisi D untuk bisa bisa merasakan kenyamanan saat berkendara, jangan sampai salah, kalau biasanya posisi D berada paling belakang, untuk Honda City Hatchback RS posisi belakang pada Transmisi adalah S.

Saat pertama kali mengendarai Honda City Hatchback RS, rasanya tenaga yang ditawarkan tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan dengan Honda Jazz. Wajar sih karena memang perbedaan yang ditawarkan sangat kecil.

Honda City Hatchback RS yang memiliki transmisi CVT dan 6 M/T didukung mesin 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW yang bisa menghasilkan power maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm di 4.300 rpm.

Honda City Hatchback RSHonda City Hatchback RS Foto: Dok. HPM

Sedangkan untuk Honda Jazz generasi terakhir, dibekali mesin mesin 1.5L SOHC, 4 silinder segaris, 16 Katup + DBW, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 120 PS di 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.600 rpm.

Akan tetapi perbedaan mendasar dari mesin ini ialah, Honda City Hatchback RS lebih lembut dan halus. Bahkan perpindahan transmisi sangat tidak terasa. Di saat ingin membutuhkan tenaga besar, cukup dengan memindahkan transmisi ke S dan langsung mengubah gaya berkendara dengan mengatur transmisi secara manual menggunakan paddle Shift.

Soal efisiensi, Honda benar-benar berhasil memadukan antara performa dengan efisiensi. Karena Honda City Hatchback sangat irit dengan mampu mengkonsumsi 1:13.

Jika boleh disimpulkan keberanian Honda untuk menghentikan laju Honda Jazz patut diacungkan Jempol. Soalnya Honda memberikan pilihan lain yang sangat mumpuni dalam segala sektor. Sehingga perbedaan sangat terasa baik dari segi fitur, mesin hingga kenyamanan berkendara.


(lth/din)