Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 01 November 2017, 17:20 WIB

Laporan dari Jepang

Menguji Smart Assist dan E:S Technology Milik Daihatsu

M Luthfi Andika - detikOto
Menguji Smart Assist dan E:S Technology Milik Daihatsu Logo Daihatsu (Foto: Ari Saputra)
Shiga - Meski mengandalkan mobil kecil, bukan berarti Daihatsu tidak sarat dengan teknologi terbaik layaknya pabrikan otomotif lainnya. Salah satunya dengan menyelipkan teknologi Smart Assist, yang bisa menghentikan kendaraan secara otomatis jika ada objek yang menghalang di depan. Serta teknologi E:S Technology yang membuat mobil lebih irit.

Beruntung detikOto kali ini bisa langsung merasakan teknologi Smart Assist dan E:S Tecnology yang sudah terselip pada mobil Kei Car milik Daihatsu di pabrik Daihatsu Shiga Prefecture, Jepang. Sayangnya, detikOto tidak diperkenankan untuk mengambil gambar.

Pengujian kali ini detikOto langsung mengujinya menggunakan mobil kei car Daihatsu Mira yang sudah diperkenalkan di Jepang. Pengujian beragam dilakukan untuk membuktikan kedua teknologi Daihatsu yang satu ini.

Pengujian pertama detikOto merasakan teknologi Smart Assist. Pengujian kali ini dilakukan dengan rute jalanan lurus dengan kecepatan 25 km/jam. Smart Assist Daihatsu bisa dikatakan merupakan teknologi efisien yang ditawarkan Daihatsu.

"Karena kami ingin mengurangi kecelakaan di jalanan, sistem ini bisa berfungsi hingga kecepatan 80 km/jam," ujar salah satu teknisi Daihatsu yang menemani detikOto menguji Smart Assist.

Sebagai catatan, Smart Assist bisa membantu pengereman saat panik, serta memiliki sensor parkir dan untuk sensor belakang dengan sonar. Smart Assist generasi pertama hanya menggunakan teknologi inframerah. Smart Assist generasi kedua pada 2015 menggunakan inframerah bersama penambahan kamera. Sedangkan generasi ketiga Smart Assist pada 2016 menggunakan inframerah bersama dua kamera.

Pengujian kedua detikOto merasakan langsung teknologi E:S Technology, dan idle stop milik Daihatsu. Dengan medan beragam, mulai dari kecepatan 25 km/jam hingga 50 km/jam, Daihatsu membuktikan menjadi salah satu pabrikan yang menawarkan teknologi irit terbaik.

Selain itu medan jalanan yang berbeda juga disajikan untuk lebih memudahkan pengujian yang dilakukan detikOto. Salah satunya dengan berhenti sesaat untuk membuktikan idle stop yang dijamin akan menambah keiritan mobil Daihatsu.

Sayangnya waktu pengujian yang ditawarkan Daihatsu begitu singkat. Meski demikian hal ini membuktikan berbagai teknologi terbaik juga dimiliki oleh Daihatsu. (lth/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed