ADVERTISEMENT

Wawancara Eksklusif MGPA

'Sirkuit Mandalika Jadi Kebanggaan Masyarakat Indonesia'

M Luthfi Andika - detikOto
Minggu, 05 Des 2021 14:19 WIB
Sebuah Safety car melintas di lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (18/11/2021). Sehari menjelang rangkaian agenda World Superbike dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) kesibukan di Sirkuit Pertamina Mandalika mulai padat, seluruh kru penyelenggara dan tim pebalap hari ini melakukan persiapan untuk sesi latihan bebas hingga balapan 19-21 November 2021. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Ilustrasi sirkuit Mandalika Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Jakarta -

Banyak wisatawan asing lebih mengenal Bali dibandingkan Indonesia terpatahkan dengan diselenggarakannya ajang balap Internasional, World Superbike di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Karena kini para wisatawan asing telah mengetahui Indonesia itu bukan hanya Bali, berbagai wilayah lain yang menawarkan keindahan alam juga dimiliki wilayah Indonesia lainnya.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai penanggung jawab Sirkuit Mandalika dengan bangga mengatakan bahwa Sirkuit Mandalika merupakan kebanggaan masyarakat Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Wakil Direktur MGPA, Cahyadi Wanda di sirkuit Mandalika Lombok dalam program Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika yang digelar detik.com.

"Jadi, kalau dibilang kemarin, bagaimana rasanya dan suasananya (saat penyelenggaraan WSBK di sirkuit Mandalika Lombok pada 19-21 Nov 2021)? Bagi kami campur aduk ya. Karena ini adalah balapan pertama bagi MGPA, ini sebuah pembelajaran, kami bisa belajar banyak, bagaimana ke depannya bisa lebih baik lagi," ujar Cahyadi.

"Karena sirkuit ini sekarang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Jadi kami pasti berusaha terus, sirkuitnya sudah bagus, pasti kami akan kembangkan terus supaya bukan hanya sirkuitnya saja yang bagus, tapi seluruh surrounding area-nya juga bagus," Cahyadi menambahkan.

Pesawat Jupiter Aerobatic Team TNI AU beraksi saat sesi latihan jelang pembukaan balapan World Superbike (WSBK) di kawasan sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (18/11/2021). Balapan WSBK Mandalika yang menjadi seri pamungkas World Superbike musim 2021 itu dijadwalkan berlangsung pada Jumat (19/11/2021) hingga Minggu (21/11/2021). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/wsj.Pesawat Jupiter Aerobatic Team TNI AU beraksi saat sesi latihan jelang pembukaan balapan World Superbike (WSBK) di kawasan sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (18/11/2021). Balapan WSBK Mandalika yang menjadi seri pamungkas World Superbike musim 2021 itu dijadwalkan berlangsung pada Jumat (19/11/2021) hingga Minggu (21/11/2021). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/wsj. Foto: ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dipastikan akan menggelar balapan internasional tahun depan. Tahun 2022, Mandalika akan menjadi tuan rumah tiga balapan internasional. Ada MotoGP, World Superbike (SBK) dan Asia Talent Cup.

Mandalika bakal mulai sibuk pada Februari 2022. Pada 11-13 Februari 2022, Pertamina Mandalika International Street Circuit akan menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP.

Untuk balapan, Indonesia akan menjadi seri kedua MotoGP 2022. Balapan pertama dilangsungkan di Losail, Qatar. Kemudian lanjut ke Mandalika di seri kedua pada 18-20 Maret 2021.

Berikut jadwal tes pramusim dan balapan MotoGP Indonesia di Mandalika:

- Tes Pramusim MotoGP: 11-13 Februari 2022
- Seri Kedua MotoGP 2022: 18-20 Maret 2022

Berbarengan dengan gelaran MotoGP, Sirkuit Mandalika juga akan menggelar Idemitsu Asia Talent Cup 202. Berbeda dengan negara lainnya, Indonesia akan menjadi tuan rumah dua kali Asia Talent Cup 2022. ATC 2022 di Mandalika dibarengi dengan MotoGP dan World SBK.



Simak Video "MGPA Buka Suara Soal Rumor Mandalika Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT