Terjun ke Motor Listrik, Ducati Langsung Garap Motor untuk Balapan MotoE

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 22 Okt 2021 12:49 WIB
Sketsa motor balap listrik Ducati
Sketsa motor balap listrik Ducati Foto: twitter @ducaticorse
Jakarta -

Pabrikan motor gede asal Italia, Ducati, resmi menyatakan untuk terjun ke dunia motor listrik. Namun bukan motor listrik biasa, Ducati akan menjadi pemasok tunggal motor listrik untuk kejuaraan MotoE mulai 2023 hingga 2026.

Kabar menggembirakan ini diumumkan oleh Claudio Domenicali, CEO Ducati Motor Holding pada Kamis (21/10/21). Menurut Claudio, Ducati sebenarnya sudah mempelajari powertrain listrik selama bertahun-tahun dan kini saat yang tepat untuk mengujinya di kompetisi.

"Kami sangat bangga dengan perjanjian ini, karena seperti yang pertama, ini merupakan momen bersejarah bagi perusahaan kami. Ducati selalu fokus ke masa depan dan setiap kali memasuki dunia baru, itu bertujuan untuk menciptakan produk berkinerja terbaik," ujar Claudio Domenicali.

"Kesepakatan ini datang pada waktu yang tepat untuk Ducati, yang telah mempelajari powertrain listrik selama bertahun-tahun, karena akan memungkinkan kami untuk berkembang dalam bidang yang terkendali: yaitu kompetisi. Kami akan bekerja untuk memberikan kesempatan kepada setiap peserta di FIM MotoE World Cup kinerja tinggi, sepeda motor listrik dan satu dibuat untuk mencontohkan menjadi ringan," lanjutnya.

Meski spesifikasi lengkap motor listrik balap yang akan disuguhkan oleh Ducati untuk MotoE 2023 hingga 2026 nanti belum pasti, pihak Ducati menyebutkan motor yang akan mereka datangkan adalah motor berbobot ringan yang khas Ducati.

"Ada di area bobot, yang merupakan elemen fundamental dari motor sport, yang akan membuktikan tantangan terbesar. Mesin ringan selalu menjadi DNA Ducati dan berkat teknologi dan kimia baterai yang berkembang pesat, kami yakin dapat mencapai hasil yang sangat baik," papar Claudio.

Saat ini di MotoE, para pebalap masih menggunakan motor listrik dari beragam pabrikan. Ducati menjadi pabrikan pertama yang akan menjadi penyedia satu motor untuk MotoE 2023 hingga 2026. Lalu hingga berita ini dimuat, kabar terjunnya Ducati ke motor listrik hanya sebatas untuk kebutuhan balap MotoE saja. Namun bukan tidak mungkin, Ducati akan membuat motor listrik untuk sehari-hari dan diproduksi secara masal.



Simak Video "Melihat Unboxing Moge Ducati Multistrada V4S, Pertama di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)