Kamis, 04 Apr 2019 13:12 WIB

10 Tahun Desain MotoGP Yamaha, Mana Paling Keren?

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Motor balap yang dipakai di MotoGP selalu mengalami evolusi demi perbaikan performa. Contohnya mesin Yamaha. Meski birunya tetap ada, motor selalu mengalami perubahan.

Musim 2019 Indonesia menjadi tempat peluncuran motor MotoGP Yamaha, tepatnya pada Senin (4/01/2019) lalu. Perubahan paling utama pada motor Yamaha YZR-M1 ini ada pada livery-nya. Kini motor tersebut berwarna hitam-biru ala Yamaha Factory Racing blue. Monster Energy menandai pergantian sponsor utama yang sebelumnya FIAT.

Motor balap Yamaha tahun 2019Motor balap Yamaha tahun 2019 Foto: Grandyos Zafna




Memang secara tampilan Yamaha YZR M1 yang digunakan Valentino Rossi dan Maverick Vinales kini bernuansa gelap dengan berwarna hitam, biru dan polesan warna hijau.

Warna hitam dan hijau melekat bersama warna biru yang merupakan warna identik Yamaha. Maka di MotoGP 2019, tampilan Yamaha terlihat lebih sangar dan galak layaknya Monster.

Nah seperti apa perubahan motor MotoGP Yamaha dalam sepuluh tahun terakhir, berikut detikcom rangkum perubahannya:


Yamaha YZR M1 Musim 2018

YZR-M1 2018 tampil dengan warna biru yang lebih gelap jika dibandingkan dengan musim lalu. Salah satu perbedaan lain yang mencolok adalah warna dari huruf 'M' yang mewakili logo Movistar. Memasuki musim 2018 huruf 'M' besar yang terpampang di bagian samping kali ini berwarna putih.

[Gambas:Youtube]



Yamaha YZR M1 Musim 2017

Motor YZR-M1 untuk musim 2017 ini dipadu dengan beberapa garis putih untuk pemanis, di sisi depan dan sisi samping fairing. Salah satu perbedaan lain yang mencolok adalah warna dari huruf 'M' yang mewakili logo Movistar. Jika di musim 2018 huruf 'M' besar yang terpampang di bagian samping berwarna putih kali ini berwarna hijau.

[Gambas:Youtube]





Yamaha YZR M1 Musim 2016

Musim 2016, Yamaha YZR M1 tidak jauh berbeda, hanya saja warnanya semakin meriah dengan warna garis putih di setiap bagian motor. Tentu warna biru masih melekat sebagai lambang kebesaran Yamaha Factory Racing Team.

[Gambas:Youtube]





Yamaha YZR M1 Musim 2015

Pun demikian dengan 2015, tidak banyak berbeda dengan musim 2016. Hanya saja pada bagian bawah tersemat jargon Yamaha Indonesia, "Semakin di Depan" yang dimulai digunakan dari tahun 2011.

[Gambas:Youtube]



Yamaha YZR M1 Musim 2014

Biru yang menjadi warna lambang Yamaha tetap menjadi warna pilihan utama, meski tidak begitu dominan. Di musim 2014 justru lebih banyak didominasi warna putih, diselingi garis silver. Tangki warna putih, berlanjut ke depan dengan tameng angin kombinasi biru putih.

[Gambas:Youtube]





Yamaha YZR M1 Musim 2013

Di musim 2013 justru lebih banyak didominasi warna putih. Namun tangki dan fairing masih menggunakan warna biru, lanjut ke bagian tengah hingga ekor didominasi warna putih.

[Gambas:Youtube]



Yamaha YZR M1 Musim 2012

Nah kalau di musim 2012, Yamaha YZR M1 Musim 2012 sangat kental dengan warna putih, baik dari tangki, body, fairing, hingga ekor tak luput dari warna putih. Sementara warna grafis biru tajam hanya sebagai pemanis motor.

[Gambas:Youtube]



Yamaha YZR M1 Musim 2011

Di musim 2011, livery Yamaha YZR M1 hanya terbalik dari musim 2012. Pun ditambah dengan kelir hitam sehingga menambah kesan garang pada motor ini, tidak begitu banyak juga logo sponsor.

[Gambas:Youtube]




Yamaha YZR M1 Musim 2010

Pada musim 2010, logo FIAT terpampang besar di Yamaha YZR M1. Dominasi warna putih pada bagian tengah hingga ekor, sementara pada bagian fairing hanya sedikit berwarna biru.

[Gambas:Youtube]



Yamaha YZR M1 Musim 2009

Yamaha YZR M1 dengan livery putih dan biru musim 2009 mengantarkan Rossi mengangkat gelar juara dunia yang ke sembilan kalinya. Logo Fiat berkelir merah terpampang pada bagian samping fairing.

[Gambas:Youtube]




(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed